Breaking News:

Advertorial

Program Kotaku di Masa Pandemi Covid-19, BDC Bandar Lampung Gelar Hasil Produk KSM Binaan

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah 1 pada 2015 menetapkan 15 kabupaten/kota di 8 provinsi sebagai pilot project Business Development Center.

ADV
Hari ke-2, kegiatan Gelar hasil produk BDC, demo memasak oleh Chef Billy, lomba memasak ibu-ibu berbahan dasar tapioka dan lomba menghias donat untuk anak. Program Kotaku di Masa Pandemi Covid-19, BDC Bandar Lampung Gelar Hasil Produk KSM Binaan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah 1 pada 2015 menetapkan 15 kabupaten/kota di delapan provinsi sebagai pilot project Business Development Center (BDC).

Satu di antaranya BDC Kota Bandar Lampung dengan program terkait penghidupan masyarakat.

Dalam BDC tingkat kota ini, terdapat pengembangan produk unggulan atau usaha yang berpotensi untuk dikembangkan serta pendampingan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Diharapkan melalui BDC, daya beli masyarakat bisa terdorong, sehingga mampu memiliki perumahan yang layak serta menciptakan permukiman layak huni dan berkelanjutan.

BDC Bandar Lampung mempunyai peran dan fungsi memberikan pelayanan dan penguatan kapasitas (capacity building), intermediasi bisnis, dan advokasi kepada KSM dan stakeholders terkait.

Hal tersebut guna meningkatkan pengembangan usaha KSM, khususnya terkait omzet, keuntungan, dan aset KSM, sehingga usaha KSM mengalami peningkatan dan berdampak pada peningkatan pendapatan.

BDC Bandar Lampung mempunyai lima produk unggulan, yaitu Jajanan Pasar, Olahan Ikan, Roti, Kopi, dan Kriya.

Adapun penetapan produk unggulan BDC berdasarkan kriteria antara lain citra produk yang menjadi trademark daerah, memiliki kemudahan dan kontinuitas bahan baku, pengolahan yang bersifat padat karya, memiliki produksi tinggi dan jangkauan pemasaran luas baik skala nasional maupun internasional, ramah lingkungan dan budaya setempat/lokal, dan mendukung produk unggulan daerah.

BDC Bandar Lampung telah memfasilitasi KSM sejumlah 120 pelaku usaha dan sudah ada Pelatihan Vocational menggunakan pendanaan melalui Program Kotaku dengan sumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemasaran hasil produk KSM Binaan BDC Bandar Lampung dilakukan oleh pengelola melalui pemasaran online dan offline.

Halaman
12
Editor: Noval Andriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved