Breaking News:

Way Kanan

Sekda Way Kanan Hadiri Sarasehan Penanggulangan Bahaya Radikalisme

Saat ini muncul radikalisme dan terorisme di beberapa daerah di Indonesia. Radikalisme telah berevolusi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Tribunlampung.co.id/Anung
Sekda Way Kanan Hadiri Sarasehan Penanggulangan Bahaya Radikalisme 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, WAYKANAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul‎ hadiri saresehan serta Sinergisitas pemerintah daerah, majelis ulama dan cendikiawan Muslim, dalam menanggulangi bahaya radikalisme, Selasa 22 Desember 2020. 

Saipul mengatakan saat ini Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang berdampak langsung pada kondisi kehidupan umat manusia. 

Saat ini muncul radikalisme dan terorisme di beberapa daerah di Indonesia.

Radikalisme telah berevolusi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Penyesuaian mereka pun terkadang tidak kita sadari secara langsung, butuh pengamatan lebih cermat.

"Tanpa disadari, bisa jadi kita telah terpapar oleh paham berbahaya ini," ujarnya. 

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki keragaman agama, suku dan budaya.

Pancasila sebagai pemersatu, untuk antisipasi ‎radikalisme yang telah menyatu dengan masyarakat, perlahan mengancam keberagaman adat istiadat dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di negeri ini.

Persoalan radikalisme bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab sseluruhnya.

Peran seluruh elemen masyarakat, aparat pemerintah, tokoh agama, Cendikiawan tokoh pemuda, dan para pemuka untuk bersama melawan radikalisme.

Saipul menyebutkan ada beberapa cara untuk menangkal bahaya radikalisme, pertama menanamkan wawasan kebangsaan  melalui pendidikan, baik formal maupun non formal; kemudian Memperkuat pendidikan dan pembinaan karakter kebangsaan.

"Yang tidak kalah penting, diberikan pemahaman soal agama yang damai dan toleran agar masyarakat tidak mudah terjebak dalam arus paham radikal," katanya, Selasa 22 Desember 2020. 

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved