Breaking News:

Tribun Lampung Selatan

Pariwisata Terintegrasi Bakauheni Masuk Prolegda 2021

Sebanyak 20 usulan rancangan peraturan daerah (raperda) masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun 2021.

ISTIMEWA
ILUSTRASI PADAT MENGALIR - Pantauan lewat udara suasana pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Minggu (3/1). Arus penyeberangan pada siang hingga Minggu sore terpantau padat mengalir. Arus penyeberangan didominasi oleh kendaraan pribadi dan kendaraan sepeda motor. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Sebanyak 20 usulan rancangan peraturan daerah (raperda) masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun 2021.

Kabag Hukum Setda Lampung Selatan, Agus Heriyanto mengatakan, beberapa usulan raperda merupakan lanjutan dari tahun 2020.

"Untuk tahun 2021 ini, ada 20 untuk usulan ranperda yang masuk prolegda. Ini usulan dari berbagai dinas," ujarnya, Kamis (7/1).

Baca juga: Tinjau Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Minta Perantau Tidak Pulang ke Lampung: Ojo Muleh Yo

Menurutnya dirinya, raperda yang diusulkan di antaranya tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) revisi dari perda RTRW sebelumnya. Kemudian raperda tentang RPJMD 2021 dan 2026.

Lainnya menyangkut raperda tentang rencana pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi di Bakauheni, raperda pembentukan BUMD, dan beberapa raperda lainnya.

"Seperti raperda untuk RTRW dan juga pendirian BUMD ini kan kajian dan naskah akademiknya sudah digodok tahun 2020. Tahun ini dilanjutkan dan nantinya akan dibahas bersama dengan DPRD untuk bisa disahkan menjadi perda," kata Agus.

Menurut dirinya, ada beberapa usulan raperda yang pada tahun lalu belum selesai, tahun ini kembali diusulkan. Seperti ranperda pendirian BUMN.

"Ada beberapa yang tahun lalu sudah masuk tetapi belum selesai. Pada tahun ini diusulkan kembali. Kalau kendalanya kita tidak paham. Dinas teknis terkait yang lebih memahaminya," terang Agus.

Dirinya menambahkan, 20 raperda pada prolegda tahun 2021 ini merupakan usulan pemerintah.

Sedangkan raperda yang merupakan inisiasi dari DPRD ada di sekretariat dewan.
"Ini yang usulan perintah. Kalau yang inisiasi DPRD, ada di sekretariat dewan untuk usulannya," ujar Agus.(ded)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved