Breaking News:

Pemkab Lampura Tak Izinkan Warga Gelar Pesta Pernikahan karena Covid-19

Dalam rangka meminimalisir pandemi Covid-19, Pemkab Lampung Utara akhirnya mengeluarkan surat edaran.

Shutterstock
Ilustrasi kasus Covid di Lampung Utara meningkat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Dalam rangka meminimalisir pandemi Covid-19, Pemkab Lampung Utara akhirnya mengeluarkan surat edaran.

“Iya betul ada edaran dari pemerintah Lampung Utara,” kata Dr. Dian Mauli, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Lampung Utara, Jumat 22 Januari 2021.

Dian mengatakan edaran tersebut dikeluarkan pada Rabu 20 Januari 2021, dengan nomor 360/55/41-LU/2021 tentang peningkatan pengendalian penyebaran Covid-19.

Edaran tersebut menindaklanjuti surat edaran dari Gubernur Lampung.

Pada intinya, dalam surat tersebut masyarakat masih dapat melangsungkan kegiatan atau acara namun wajib memperhatikan protokol kesehatan.

“Apabila tidak terpenuhi protokol kesehatannya akan ditertibkan bahkan bisa dibubarkan,” katanya.

Namun, hal ini berbeda di dalam isi dari surat tersebut, pemerintah daerah tidak lagi memberikan rekomendasi izin keramaian untuk pelaksanaan pesta pernikahan, kegiatan keagamaan, khitanan.

Kemudian, satuan tugas khusus kabupaten, kecamatan, bersinergi mengawasi secara ketat dan menegakkan protokol kesehatan di setiap kerumunan dengan cara hadir langsung di lokasi.

Selanjutnya, Satgasus melakukan razia rutin penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian.

Satgasus dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung untuk mencatat pelaku perjalanan di titik titik tertentu yang dijadikan transit.

Sama halnya dengan Dinas Perhubungan, Satgasus di kecamatan dan desa berupa hal yang sama.

Dengan semakin meningkatnya kasus COVID-19 di Lampung Utara. Sudah selayaknya semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Sehingga dengan mematuhi 5 M paling tidak telah ikut berupaya memutus rantai angka penyebaran.

"Ini semua demi kebaikan bersama. Patuhilah protokol kesehatan. Paling tidak dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Sehingga bisa meminimalisir ancaman COVID-19," katanya‎

Sementara itu, jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Lampung Utara sebanyak 778 kasus dengan 15 kasus kematian.

Dari kasus ini, Satgasus akan melakukan razia rutin prokes di tempat-tempat tertentu yang menjadi pusat kerumunan.

Penulis: anung bayuardi
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved