Breaking News:

UM Metro

Tingkatkan Mutu Kelembagaan dan Kepegawaian, UM Metro Hadirkan Sekretaris LLDIKTI WilayahII

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Dr. Nuril Furkon, M.Pd., kembali hadir di tengah-tengah civitas akademika Universita

ist
Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Dr. Nuril Furkon, M.Pd., kembali hadir di tengah-tengah civitas akademika Universitas Muhammadiyah Metro dalam rangka mengisi kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Kepegawain UM Metro Tahun 2021. Aula Gedung HI, Sabtu (13/02/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Dr. Nuril Furkon, M.Pd., kembali hadir di tengah-tengah civitas akademika Universitas Muhammadiyah Metro dalam rangka mengisi kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Kepegawain UM Metro Tahun 2021. Aula Gedung HI, Sabtu (13/02/2021).

Dalam kesempatan itu, Dr. Nuril Furkon, M.Pd., sedikitnya menyampaikan terkait Arah Kebijakan Pengembangan Pendidikan Tinggi 2015 - 2025, Kebijakan Kelembagaan Pendidikan Tinggi dan perlunya mempelajari literasi baru untuk menghadapi era industri 4.0.

Mengenai Arah Kebijakan Pengembangan Pendidikan Tinggi 2015 – 2025 Dr. Nuril Furkon, menyampaikan bahwa masih adanya ketidakmerataan kualitas perguran tinggi di Jawa dan luar Pulau Jawa.  

Ia menyadari ada perbedaan mutu yang sangat jauh antara perguruan tinggi terbaik dan perguruan tinggi yang kurang baik. Perbedaan juga terjadi antar wilayah, antara perguruan tinggi di Jawa dan di luar Jawa.

“Jumlah perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak dan mempunyai karakteristik yang beda-beda. Untuk itu harus dikembangkan sesuai dengan karakteristiknya, dan untuk dapat mencapai target-target Tridharma Pendidikan Tinggi yang sangat menantang diperlukan inovasi atau terobosan di semua aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan harus ada kebijakan afirmasi untuk mengurangi perbedaan mutu antara perguruan tinggi di Jawa dan di luar jawa,”ungkapnya.

Terkait Kebijakan Kelembagaan Pendidikan Tinggi ia memproyeksikan bahwa sistem pembelajaran tradisional seperti tatap muka yang masih dipakai oleh perguruan tinggi akan tergantikan oleh sistem pembelajaran modern seperti Pembelajaran Jarak Jauh. Sehingga setiap perguruan tinggi menurutnya harus sudah mempersiapkan berbagai instrumen terkait pembelajaran jarak jauh tersebut.

“Kementerian Ristekdikti sedang menyiapkan Permen PJJ yang dalam waktu dekat akan diberlakukan dan mendorong perguruan tinggi Indonesia untuk bersiap diri melaksanakan distance learning, Distance/On-line learning adalah disruptive innovation pada pendidikan tinggi yang pasti akan banyak menggantikan sistem pembelajaran tradisional face to face.”

“Dalam rangka menyiapkan penerapan distance learning secara masif di Indonesia, beberapa pekerjaan rumah harus segera diselesaikan, misalnya adalah Standar Pendidikan Tingggi Pembelajaran Jarak Jauh,  instrument akreditasi pendidikan jarak jauh, dll,” ujarnya.

Sementara Rektor UM Metro Drs. Jazim Ahmad, M.Pd., yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Sekretaris LLDIKTI Wilayah II yang di sela-sela kesibukannya berkenan hadir memberikan pencerahan kepada segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Metro.

“Alhamdulillah hari ini Bapak Sekretaris LLDIKTI Wilayah II sengaja hadir ke UM Metro untuk memberikan pencerahan untuk kita terkait dengan kelembagaan, kepegawaian termasuk mengenai regulasi pembelajaran jarak jauh, saya harap kesempatan ini bisa kita manfaatnya sebaik-baiknya,” ucap Rektor UM Metro tersebut.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari itu juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor, Direktur Program Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Kepala Unit Kepegawaian di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved