Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel

Apa Itu Sesak Nafas?

Apakah sesak nafas itu? Sesak nafas adalah kondisi di mana pernafasan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya sehingga kadar oksigen berkurang

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Apakah Anda sering merasa badan terasa pegal meski tidak melakukan pekerjaan yang berat? Sering merasa tiba-tiba pinggang sakit? Sering merasa sakit pada otot bahu? Waspadalah akan postur tubuh Anda yang tidak baik pada saat beraktivitas! 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Apakah sesak nafas itu? Sesak nafas adalah kondisi di mana pernafasan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya sehingga kadar oksigen berkurang dan menimbulkan sensasi yang mengakibatkan seseorang meningkatkan kerja pernafasannya.

Kerja pernafasan yang berlebihan ini menimbulkan frekuensi nafas yang meningkat dan disertai kerja keras dari otot-otot pernafasan.

Apakah penyebab sesak nafas? Kerja fungsi pernafasan adalah mensuplai oksigen ke dalam darah.

Hal itu dimulai sejak udara masuk ke dalam rongga pernafasan baik melalui mulut atau hidung hingga terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam pembuluh paru kemudian diedarkan oleh jantung melalui pembuluh darah ke jaringan tubuh.

Segala kelainan yang mengganggu proses penghantaran oksigen dalam jumlah yang cukup sampai ke sel tubuh ini dapat mengakibatkan sesak nafas.

Banyak penyakit yang dapat menyebabkan sesak. Penyakit yang terutama menyebabkan sesak tentunya yang melibatkan organ jantung, paru, saluran nafas dan pembuluh darah. Dokter akan mencari kemungkinan kelainan di organ-organ tersebut terlebih dahulu bila didapati keluhan sesak nafas.

Kemungkinan lain seperti gangguan metabolik seperti asidosis atau keadaan asam yang tinggi dalam darah juga akan dicari apabila ditemukan kecurigaan berdasarkan tanda-tanda klinis yang ada.

Apa saja pemeriksaan penunjang yang akan dilakukan Setelah dokter melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, biasanya akan dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang yang akan mengarahkan diagnosis atau menyingkirkan kemungkinan penyebab lain.

Pemeriksaan penunjang yang dilakukan biasanya adalah Rontgen thorax , CT Scan, USG, Analisa gas darah dan pemeriksaan darah lainnya, echocardiografi, tes fungsi nafas.

Pemeriksaan CT Scan adalah pemeriksaan dengan menggabungkan rangkaian gambar X-Ray dari berbagai sisi sehingga diperoleh gambar yang cukup detail. Sehingga gambar dari pemeriksaan ini dapat lebih tepat memperlihatkan kelainan dan lokasinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved