Breaking News:

UM Metro

Universitas Muhammadiyah Metro Gelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang

UM Metro – Universitas Muhammadiyah Metro adakan Workshop  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Workshop tersebut dimaksudkan untuk meningkat

ist
Universitas Muhammadiyah Metro adakan Workshop  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Workshop tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terkait penulisan proposal PKM 5 Bidang yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Aula Gd. HI, Selasa (16/02/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO -  Universitas Muhammadiyah Metro adakan Workshop  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Workshop tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terkait penulisan proposal PKM 5 Bidang yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Aula Gd. HI, Selasa (16/02/2021).

Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd., ketua pelaksana menyebut bahwa PKM 5 Bidang adalah program yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dibawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

“PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarya.

“Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Anak Agung Oka, M.Pd., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswa sekaligus narasumber terkait kebijakan PKM 5 Bidang menjelaskan bahwa program terebut mendorong mahasiswa UM Metro harus multitalenta.

“Generasi yang ingin sukses untuk saat ini dan nanti di masa depan harus mulai merubah pola pikir, karena saat ini eranya sudah era disrupsi yang mana masyarakat menggeser aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata beralih ke dunia maya, selain itu mahasiswa harus berfikir kritis, kolaborasi antar lintas disiplin ilmu, inisiatif, imaginatif, dan mampu menganalisis informasi atau pengetahuan yang beredar,” ungkapnya.

Sementara narasumber kedua, Mustika, S.Kom., M.Kom., menyampaikan trik dan tips agar proposal PKM lolos seleksi, diantaranya “Kuasai dan Patuhi Panduan, Peka terhadap masalah negara dan sosial, proposal harus berkualitas dan tertib administrasi,” kata Mustika.

Riswanto, M.Pd.Si., juga menyebutkan hal yang sama, menurutnya yang menjadi penilaian para reviewer terhadap pengajuan Proposal PKM 5 Bidang adalah proposal yang taat aturan.

“Proposal PKM yang akan lolos harus yang taat aturan, proposal yang diajukan harus mengandung unsur kreatif, inovatif, objektif, kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, serta semua kelengkapan proposal yang sudah tertuang dalam buku panduan harus benar-benar ditaati dan dipahami,” ucap Riswanto yang juga salah seorang reviewer nasional UM Metro tersebut.

Perlu untuk diketahui bahwa PKM 5 Bidang pada tahun ini sudah memasuki tahap pengumpulan proposal dari mahasiswa kepada dosen pembimbing. Tahap ini terhitung sejak tanggal 10-20 Februari 2020. Kemudian tanggal 15-23 Februari 2021 adalah tahap Pembimbingan dan Review Proposal, tanggal 24-25 Februari 2021 pembuatan password di admin perguruan tinggi dan kemudian upload proposal pada tangga 26-28 Februari 2021.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved