Breaking News:

Universitas Lampung

Warek Bidang Akademik Unila Hadiri Gebyar Budaya Cikoneng di Ponpes Mazro’Atul’Ulum Desa Cikoneng

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) didampingi Ketua Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (BP KKN) beserta rombongan menghadiri aca

ist
Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) didampingi Ketua Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (BP KKN) beserta rombongan menghadiri acara Gebyar Budaya Cikoneng, Rabu, 10 Maret 2021, di Ponpes Mazro’Atul’Ulum Desa Cikoneng. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) didampingi Ketua Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (BP KKN) beserta rombongan menghadiri acara Gebyar Budaya Cikoneng, Rabu, 10 Maret 2021, di Ponpes Mazro’Atul’Ulum Desa Cikoneng.

Kegiatan merupakan bagian dari kunjungan KKN Unila Periode I di Desa Cikoneng, Serang, Banten. Gebyar Budaya Cikoneng, menurut ketua pelaksana acara, Rafif Maulana Ghiffary merupakan acara penutup dari kegiatan KKN mahasiswa Unila bertajuk “Membangkitkan Gelora Persaudaraan Banten Lampung dengan Melestarikan Warisan Budaya Bersama KKN Unila.

Hadirnya mahasiswa KKN Unila di Desa Cikoneng dan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat persaudaraan antara masyarakat Lampung dan Banten sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur.

“Seperti kita tahu bahwasannya di Desa Cikoneng ini kaya akan sejarah dan budaya. Salah satunya tentang persaudaraan antara masyarakat Lampung dan Banten. Harapannya kehadiran kami bisa membangkitkan semangat kesadaran itu dan bisa melestarikan warisan-warisan budaya leluhur,” ujar Rafif.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., dalam sambutannya mengutarakan rasa bangga dan syukur karena dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Cikoneng. Banten dan Lampung memiliki keterkaitan sejarah yang terjalin sejak 400 tahun lalu. Maka masyarakat Banten, khususnya warga Desa Cikoneng dan msayarakat Lampung adalah saudara.

Sebagai komitmen untuk memererat dan menjaga hubungan tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Unila . Di antaranya mendatangkan mahasiswa KKN Unila, membuka kuota penerimaan mahasiswa baru jalur undangan untuk Fakultas Kedokteran Unila bagi para calon mahasiswa asal banten, dan melakukan kerja sama lintas perguruan tinggi sehingga para mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi melalui program Pertukaran Mahasiswa Nusantara – Kerja Sama Fakultas Teknik Unila dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) atau Permata Kita.

“Sekali lagi, bangkitkan gelora persaudaraan Banten dan Lampung dengan melestarikan warisan budaya. Ini harus kita harus garis bawahi dan cetak tebal, bahwa kita harus lestarikan supaya kita sama-sama maju,” katanya sebelum menutup sambutan.

Gebyar budaya Cikoneng turut dihadiri aparat desa yakni Kepala Desa Cikoneng Nurwahdini., A.Md., Camat Anyar Drs. Khairil Anwar, M.Si., Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Serang Rizky Suhendar, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Gebyar Budaya Cikoneng terbagi dalam dua jenis acara yaitu acara formal dan nonformal. Pembukaan acara formal diisi dengan pembacaan tilawah Alquran, sambutan, pemberian cenderamata, pemberian alat musik gamelan yang diberikan oleh Ketua BP KKN Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd., dan Eizal Barnawi, S.S., M.Sn., kepada perwakilan Mazro’Atul’Ulum, ditutup dengan foto bersama.

Selanjutnya acara nonformal, dibuka dengan pemaparan produk keripik pisang dan sabun serta mencicipi makanan khas Cikoneng dan keripik pisang. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik KKN periode I Unila diiringi pembacaan puisi, penampilan musik tradisional Gamolan, dan penampilan tari bedana.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved