Breaking News:

Universitas Lampung

Rektor Unila Karomani Jelaskan Hasil SNMPTN 2021

Universitas Lampung (Unila) membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Provinsi Lampung untuk menempuh pendidikan di Unila.

ist
Universitas Lampung (Unila) membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Provinsi Lampung untuk menempuh pendidikan di Unila. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Provinsi Lampung untuk menempuh pendidikan di Unila.

Berdasarkan statistik penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN tahun 2021, sebanyak 1.731 siswa berhasil lolos SNMPTN Unila tahun ini, 93,76% berasal dari Provinsi Lampung.

Demikian diungkapkan Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., pada konferensi pers hasil SNMPTN 2021, di ruang sidang lantai 2 Rektorat, Senin, 22 Maret 2021.

Karomani mengungkapkan, perubahan statistik ini merupakan kebijakan yang dibuat Unila agar tidak ada kesan bahwa pendidikan hanya bagi elit semata.

Untuk itu, Unila menerapkan keberpihakan terhadap masyarakat prasejahtera khususnya yang berada di Provinsi Lampung, untuk dapat menempuh pendidikan di Unila.

Kebijakan baru tahun 2021 ini dilakukan dengan tujuan membuka akses dan kesempatan bagi seluruh siswa yang ada di tiap kabupaten/kota, sehingga kesempatan belajar dapat lebih proporsional.

Perubahan juga terjadi pada statistik hasil penerimaan SNMPTN 2021 untuk Fakultas Kedokteran Unila. Jika tahun lalu peserta asal Provinsi Lampung yang berhasil lolos mencapai 50%, maka tahun ini persentasenya naik menjadi 63,93%.

Sebaran daerahnya pun tak lagi didominasi Kota Bandarlampung, namun merata di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Ruwa Jurai.

Menurut Karomani, hal itu dapat terwujud setelah Unila mengeluarkan kebijakan penurunan indeks sekolah pada penerimaan mahasiswa baru sehingga dapat menyesuaikan indeks sekolah yang ada di daerah.

“Kita turunkan. Kebijakan rektor, kebijakan Unila, menurunkan indeksnya supaya dari kabupaten/kota itu ada yang masuk fakultas kedokteran. Jangan hanya dari Bandarlampung saja. Ternyata setelah diturunkan sebarannya mewakili kabupaten/kota,” kata dia.

Halaman
123
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved