Breaking News:

Pemilu 2024

Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak, KPU Lampung Usulkan 100 Persen Pakai APBN

KPU Lampung usulkan anggaran Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak, 100 persen menggunakan APBN. KPU juga mengusulkan pagu anggaran untuk disamakan.

Editor: Noval Andriansyah
Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama
Ilustrasi Ketua KPU Lampung Erwan Bustami saat diwawancarai di kompleks kantor gubernur Lampung beberapa waktu lalu. KPU Lampung usulkan anggaran Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak, 100 persen menggunakan APBN. KPU juga mengusulkan pagu anggaran untuk disamakan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KPU Lampung usulkan anggaran Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak, 100 persen menggunakan APBN.

Kemudian, KPU juga mengusulkan pagu anggaran untuk disamakan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Lampung Erwan Bustami.

Erwan bersama anggotanya Tio Aliansyah, Antoniyus, Agus Riyanto, Ismanto, Ali Sidik, dan Titik Sriningsih serta Sekretariat KPU Lampung, mengusulkan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi yang digelar KPU RI, Selasa (30/3/2021).

"Iya kita akan usulkan dalam Rakor ini. Misalnya untuk anggaran Pilkada, kita usulkan supaya ini menggunakan APBN semua dan pagu anggarannya kita harapkan ada keseragaman supaya lebih siap," ujar Erwan Bustami, Selasa.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai satu di antara persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024.

Sebab, berdasarkan hasil evaluasi pada Pilkada 2020 lalu, banyak anggaran yang terhambat di pemerintah kabupaten/kota jika menggunakan APBD.

"Evaluasi kita NPHD untuk Pilkada 2020 didapat dari APBN dan APBD. Nah yang APBD ini pencairannya kan beda-beda, sementara tahapan harus tetap jalan. Ini kenapa kita minta agar semua gunakan APBN," jelas Erwan.

Selain anggaran, Erwan juga akan mengusulkan penggunaan digitalisasi pada Pemilu 2024 dan Pilkada 2024.

Ia mencontohkan, penggunaan teknologi saat tahapan perhitungan suara dilakukan yakni penggunaan aplikasi Sirekap yang berbasis digital.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved