Breaking News:

UM Metro

Dosen UM Metro Beri Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Dosen Universitas Muhamamdiyah Metro yang tergabung dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

ist
Dosen Universitas Muhamamdiyah Metro yang tergabung dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik melaksanakan In House Training (IHT) Penyusunan Bahan Ajar di Masa Pandemi Covid – 19 kepada guru SMP dan Lampung Timur, Sabtu (27/03/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TIMUR - Dosen Universitas Muhamamdiyah Metro yang tergabung dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik melaksanakan In House Training (IHT) Penyusunan Bahan Ajar di Masa Pandemi Covid – 19 kepada guru SMP dan Lampung Timur, Sabtu (27/03/2021).

Dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tersebut, tim dosen terdiri dari Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd., Arif Hidayat, S.T., M.Kom., dan Umi Hartati, M.Pd.,. Tim berbagi tugas dalam memberikan pelatihan kepada para peserta sesuai dengan keahlian masing-masing yaitu bidang pendidikan dan IT.

Hal ini sesuai dengan tema pelatihan yaitu penyusunan bahan ajar di masa pandemi COVID-19 yang berbasis IT. Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu materi tentang In House Training (IHT) Penyusunan Bahan Ajar di Masa Pandemi COVID – 19 hingga penutupan.

Dengan adanya wabah COVID -19 membuat kegiatan pada semua aspek menjadi terganggu, salah satunya dalam bidang pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dari tingkat taman kanak-kanak sampai tingkat perguruan tinggi harus dilakukan secara daring.  Hal itu terungkap dari sambutan Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd., diacara pembukaan pelatian tersebut.

“Dengan adanya COVID-19 pembelajaran dilakukan secara daring, dengan demikian pembelajaran harus dikemas sedemikian rupa dalam bentuk digital. Penggunaan bahan ajar berbasis digital merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik meskipun jauh dari kota besar harus tetap bisa membangun eksistensi di sekolahanya dengan cara tetap eksis dalam dunia digital. Salah satunya dengan mengemas pembelajaran dalam bentuk digital,” ungkap Dr. Rahmad Bustanul A., M.Pd.

Yudi Hermanto, S.Pd., Selaku Kepala Sekolah SMP Muhamamdiyah 1 Sekampung Udik mengungkapkan hal senada dalam sambutannya, bahwa sampai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 ini pembelajaran masih dilakukan secara daring akibat dari adanya COVID-19.

“Sampai dengan semester genap 2020/2021 ini pembelajaran akan dilakukan secara daring seperti pada semester sebelumnya.

Menghimbau kepada guru untuk tetap semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran meskipun dilakukan secara daring dan berharap dalam kegiatan pelatihan ini nanti dapat diikuti oleh seluruh dewan guru dengan baik agar pembelajaran yang dikemas secara digital menjadi menarik bagi guru maupun siswa nantinya,” Jelas Yudi Hermanto, S.Pd. Selaku Kepala Sekolah SMP 1 Muhammadiyah Sekampung Udik.

Dalam kegiatan ini terdapat tiga materi yang disampaikan oleh Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd. sebagai pemateri pertama terkait dasar-dasar penyusunan bahan ajar daring salah satunya modul.

Halaman
123
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved