Breaking News:

Universitas Lampung

FK Unila Deklarasi Pencanangan Pembangunan ZI Menuju WBK

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui deklarasi Zona Integritas dan Penandatangan

ist
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui deklarasi Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas bersama seluruh jajaran FK Unila, Rabu, 21 April 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui deklarasi Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas bersama seluruh jajaran FK Unila, Rabu, 21 April 2021.

Deklarasi dan penandatanganan tersebut dilakukan di Gedung A Dekanat FK Unila disaksikan seluruh sivitas akademika kampus setempat secara online via Zoom.

Dekan FK Unila Prof. Dr. Dyah Wulan Sumekar R.W., S.K.M., M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan, pencanangan pembangunan zona integritas adalah salah satu upaya dalam membangun zona integritas dalam sebuah unit kerja.

Pencanangan tesebut merupakan bentuk pernyataan bahwa unit kerja FK Unila siap menyandang predikat zona integritas, sebagaimana Surat Keputusan Rektor Universitas Lampung Nomor 1322/UN26/OT/2021 yang menetapkan Fakultas Kedokteran sebagai Unit Satuan Kerja Wilayah Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Universitas Lampung tahun 2021.

Zona integritas adalah predikat yang diberikan instansi pemerintah untuk pimpinan dan jajarannya yang berkomitmen mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya, dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan pembangunan zona integritas adalah langkah awal dan bagian dari menyukseskan birokrasi. Dengan melakukan reformasi birokrasi melalui penataan sistem penyelenggara pemerintahan yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima, dan memuaskan.

Pencanangan ini juga menurut Dyah merupakan salah satu syarat penilaian mandiri dari reformasi birokrasi yang diamanatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Saya menegaskan rencana mencanangkan pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting kita bersama karena mencerminkan tekad dan komitmen bersama mewujudkan Fakultas Kedokteran Unila menjadi zona terintegritas sebagai wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” ujarnya.

Untuk menyukseskan keberhasilan pembangunan zona integritas, ia mengajak seluruh pihak mendukung dan bersinergi melaksanakan tugas serta mengimplementasikan zona integritas. Untuk mewujudkan pembangunan zona integritas di FK Unila menuju wilayah bebas dari korupsi dan birokrasi bersih dan melayani.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Zona Integrasi dan penandatanganan Pakta Integritas oleh dekan FK Unila, diikuti para wakil dekan, ketua bagian, ketua prodi, koordinator bagian, dan subkoordinator subbagian di lingkungan FK Unila.

Setelah melakukan pencanangan, FK sebagai unit kerja zona integritas harus menyiapkan rencana aksi konkret sesuai Peraturan Menpan Nomor 52 Tahun 2014 tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved