Breaking News:

Politik Lampung

Data Pemilih Berkelanjutan se-Lampung Sebanyak 5.972.307

KPU Provinsi Lampung menggelar rapat internal rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan April 2021, Kamis (6/5/2021).

Dokumentasi KPU Lampung
Data Pemilih Berkelanjutan se-Lampung Sebanyak 5.972.307 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - KPU Provinsi Lampung menggelar rapat internal rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan April 2021, Kamis (6/5/2021).

Dalam rapat ini ditetapkan jumlah DPB sebanyak 5.972.307 dengan rincian pemilih baru 612, pemilih TMS, 2.095, ubah data kosong.

Sementara Daftar Pemilih Berkelanjutan sebelumnya 5.973.790.

Komisioner KPU Lampung Divisi Data dan Informasi, Agus Riyanto, mengatakan rapat internal rekapitulasi ini akan dilakukan secara berkala setiap satu  bulan sekali baik di tingkat KPU kabupaten/kota maupun provinsi.

"Sedangkan rapat koordinasi KPU provinsi dengan para stakeholder lain seperti partai politik, Bawaslu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tingkat provinsi dilakukan per enam bulan sekali yang sebelumnya dilakukan per tiga bulan sekali," kata Agus Riyanto.

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambah pemilih baru yang belum terdaftar, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih.

Baca juga: Daftar Pemilih Berkelanjutan 15 Kabupaten/Kota di Lampung 5.972.338 per Januari 2021

Sedangkan rapat koordinasi antar pihak untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota dilakukan setiap tiga bulan sekali yang sebelumnya dilakukan per satu bulan sekali, hal ini sesuai SE KPU RI 366/2021 perubahan atas SE 132/2021.

"KPU Provinsi Lampung membuka Layanan Data Pemilih baik secara offline maupun online. Layanan data pemilih masyarakat Lampung bisa di akses dengan mengklik link laman Klinikdata.lampung.kpu.go.id," ungkap Agus Riyanto.

KPU Provinsi Lampung berharap masyarakat dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam kerja-kerja pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan di masing-masing KPU kabupaten/kota se provinsi Lampung.

Partisipasi aktif itu bisa dengan mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum, jika belum silahkan sampaikan data identitas kependudukannya melalui layanan data pemilih yang sudah disedikan baik secara offline maupun online.

Baca juga: KPU Serahkan LPj Anggaran Pilkada Bandar Lampung 2020, Surplus Rp 4,4 Miliar

Peran aktif masyarakat penting dilakukan agar data dan daftar pemilih dapat dimutakhirkan dan terupdate setiap saat.

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved