Breaking News:

UM Metro

Dosen UM Metro Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional,

Ist
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Pendidikan khusus yang diberikan pada siswa ABK, bertujuan untuk mengembangkan kemampuannya secara optimal disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka. Pada umumnya anak-anak tersebut bersekolah di Sekolah Luar Biasa.

Universitas Muhamamdiyah Metro yang memiliki program studi Pendidikan Bahasa Inggris mempunyai kegiatan rutin di beberapa Sekolah Luar Biasa yaitu mengenalkan pelajaran Bahasa Inggris pada siswa-siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Pendidikan Bahasa Inggris yang merupakan salah satu program studi terakreditasi A ini memiliki banyak kegiatan sosial. Kegiatan ini merupakan wujud peduli dan empati pada siswa ABK. Disamping itu kegiatan ini juga memberikan pengalaman mengajar yang berbeda bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris.

Fenny Thresia, M.Pd sebagai penggiat kegiatan ini menerangkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga layak berkenalan dengan Bahasa Inggris walau hanya mengenal beberapa kosa kata sederhana.

“ Dimasa Pandemi ini proses pembelajaran terhadap ABK pasti berbeda dengan sebelumnya. Saat ini proses belajar dengan sistem “one student one teacher” yaitu satu siswa diajar oleh satu guru, serta lokasi belajar juga tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah siswa” ungkapnya.

Fenny juga menambahkan bahwa siswa ABK sangat antusias terhadap kegiatan ini terlebih media yang digunakan pada saat belajar juga menarik, yaitu gambar-gambar berwarna cerah dan video-video singkat.

Harapannya kegiatan ini tetap berjalan rutin seperti biasa walaupun ditengah suasana pandemic seperti ini serta tetap memperhatikan protokol Kesehatan.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved