Breaking News:

Lebaran 2021

Warga Kota Agung masih Banyak Jalankan Tradisi Ziarah saat Idul Fitri

Sebagian warga Kota Agung menyempatkan diri berziarah ke makam anggota keluarganya saat Idul Fitri 1442 H.

Tribunlampung / Tri
Warga Kota Agung berziarah ke makam anggota keluarganya saat Idul Fitri 1442 H. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Sebagian warga Kota Agung menyempatkan diri berziarah ke makam anggota keluarganya saat Idul Fitri 1442 H. 

Menurut Erwin, warga Kota Agung, dia bersama keluarganya berziarah di tempat pemakaman umum Putri Madang, Pekon Kusa, Kecamatan Kota Agung. 

"Habis salat Idul Fitri sebelum keliling mampir dulu ziarah ke makam kakek, dan saudara lainnya yang sudah meninggal," ujar Erwin, Kamis (13/5/2021). 

Ia mengaku, ziarah makam saat Idul Fitri merupakan tradisi yang tujuannya mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal. 

"Maksudnya supaya kita tidak lupa kepada keluarga yang sudah meninggal, mendoakan mereka. Supaya yang meninggal juga bahagia sama dengan kita yang sekarang sedang lebaran," ujar Erwin.

Selanjutnya juga mengenalkan kepada anak-anak tentang makam kakek mereka dan saudara lainnya. Sehingga mereka memahami silsilah keluarga bukan hanya yang masih hidup saja tapi juga yang sudah tiada.

Menurut Erwin, secara umum penziarah kali ini agak sepi karena adanya larangan mudik. Sebab biasanya para perantau yang mudik pasti berziarah ke makam-makam anggota keluarganya yang sudah meninggal. 

"Biasanya setiap lebaran atau mau puasa banyak orang yang ziarah, tapi sekarang agak sepi, habis banyak yang tidak bisa mudik," kata Erwin. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved