Breaking News:

Advertorial

Bupati Umar Ahmad: Tubaba Adalah Masa Depan

Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dikenal dengan tagline Pulang ke Masa Depan.

Editor: soni
tribun lampung/deni saputra
Bupati Tubaba Umar Ahmad (sebelah kanan bersafari hitam) saat talkshow di Studio Tribun TV Lampung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID.BANDAR LAMPUNG- Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dikenal dengan tagline Pulang ke Masa Depan. Tubaba memiliki pesonanya sendiri khususnya di bidang pariwisata yang masih terus dibangun berkelanjutan.

Bupati Tubaba H Umar Ahmad kerap mengungkap jika Tubaba tidak ada masa depan, karena Tubaba sendiri adalah masa depan. 

"Jadi masa depannya Tulangbawang Barat itu adalah Tubaba sendiri," ujar Umar Ahmad dalam talkshow di studio Tribun TV Lampung bertajuk 'Sumatera Travel Destination Summit 2021' dipandu Pemimpin Umum Tribun Lampung Hadi Prayogo, Selasa (15/6/2021).

Dalam siaran langsung yang ditayangkan melalui kanal YouTube dan Facebook Tribun Network khususnya area Sumatera itu, bupati kelahiran Tulang Bawang Udik, 12 Oktober 1980 ini menceritakan, masyarakat Tubaba dikenal memegang teguh apa itu yang disebut Nemen (pekerja keras), Nedes (tidak kenal menyerah), dan Neremo (keikhlasan).

Selain itu masyarakat Tubaba dikenal dengan prinsip hidup sederhana, setara, dan lestari yang merupakan nilai yang terlahir dari Suku Baduy di sana. 

"Mereka mengingatkan bahwa di Tubaba banyak sekali nilai lain yang masih ada di dalam konsep, tidak menjadi perilaku dan tidak berada di dalam tubuh setiap warga Tubaba yakni sederhana, setara, dan lestari," kata Umar.

"Upaya-upaya kami dalam membentuk orang dan juga ruang itulah yang kami sebut dengan Perjalanan Pulang ke Masa Depan," jelasnya lebih lanjut.

Dimana di dalamnya ada kehidupan yang setara, manusia menghormati alam dan tidak serta merta menjadi mahluk tunggal, dan manusia menjadi satu kesatuan dengan mahluk-mahluk lainnya.

Tubaba menurutnya belum bisa disebut sebagai kawasan wisata, namun peningkatan kualitas orang dan ruang di dalamnya yang kemudian menjadi daya tarik Tubaba.

"Karena mungkin orang ingin melihat perbaikan kualitas, sehingga berkunjung ke Tubaba," kata dia.

Beberapa unggul pariwisata Tubaba di antaranya Masjid Agung Baitus Gayo, Tugu Rato Nago Besanding, Patung Megow Pak (Empat Marga), dan saat ini bahkan sedang mengembangkan Kota Budaya Uluan Nughik.

"Ada kenaikan 1000 persen orang berkunjung ke Tubaba. Seperti melihat Islamic Center yang desainnya berbeda dengan masjid-masjid lain, ada Balai Adat, dan lainnya," ujarnya.(Tribunlampung.co.id/ Sulis Setia M)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved