Breaking News:

Bandar Lampung

Vaksinasi Covid-19 Bentuk Ikhtiar Diri Hadapi Pandemi

Pandemi Covid-19 belum berakhir pencegahan penularan Covid-19 melalui vaksinasi, proses vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk ikhtiar diri.

Penulis: sulis setia markhamah | Editor: Hanif Mustafa
okumentasi pribadi Datma Saputra
Pegawai BUMN di Bandar Lampung Datma Saputra saat menjalani vaksinasi Covid-19 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, salah satu bentuk pencegahan dari penularan Covid-19 adalah melalui vaksinasi Covid-19.

Tidak sedikit masyarakat di Bumi Ruwa Jurai ini yang telah mendapatkan vaksinasi sampai tuntas (tahap 1 dan tahap 2).

Di antaranya, Darma Saputra pegawai BUMN di PLN UID Lampung ini menyebutkan menjalani proses vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk ikhtiar diri.

"Terlebih sebagai pelayan masyarakat, harus memastikan kondisi kesehatan tubuh selalu baik, termasuk terhindar dari Covid-19," kata Asisten Manager Komunikasi PLN (Persero) UID Lampung ini, Minggu (20/6/2021).

Meskipun keefektifan vaksin masih dipertanyakan, namun menurutnya tidak ada salahnya ikut serta menjalani proses vaksinasi sebagai bagian dari ikhtiar bersama. 

Baca juga: Lihat Cafe Ramai dalam Gelap, Reihana Minta Satgas Covid-19 Bandar Lampung Bertindak

Dia sudah menjalani vaksin tahap 1 di April 2021 dan vaksin tahap ke 2 di Mei 2021. "Selain itu saya juga masih rutin menjalani swab tiap dua minggu sekali program dari kantor," jelasnya.

Darma juga tetap menjaga protokol kesehatan dengan optimal agar semakin memperkecil kemungkinan tertular virus corona.

Sama halnya dengan warga Rajabasa, Bandar Lampung, Anggi Rhaisa yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Perempuan yang berprofesi sebagai jurnalis ini mengungkapkan kekhawatiran karena Covid-19 bukannya punah justru bermutasi menjadi varian lain seperti Delta. Sehingga ikhtiar individu harus semakin ditingkatkan.

"Sebagai bagian terkecil dari masyarakat, saya sudah berusaha melakukan pencegahan dengan mengikuti vaksinasi Covid-19. Termasuk orangtua dan juga adik-adik saya sudah divaksin semua sampai tahap 2," ujar wanita berjilbab ini.

Anggi menjalani vaksin tahap 1 di Februari 2021 dan vaksin tahap 2 di Maret 2021. Proses vaksin antara tahap 1 dan 2 tidak sampai 1 bulan.

Baca juga: Kasus Konfirmasi Covid-19 di Lampung Hari Ini Bertambah 141 Orang

Dia berharap, setelah divaksin kekebalan tubuh semakin meningkat dan tidak mudah tertular Covid-19. "Saya juga tetap menjaga protokol kesehatan, menerapkan 5M. Ikut vaksin ini sebagai antisipasi pencegahan Covid-19," imbuhnya.

Guru PNS di Bandar Lampung Mutiara Sani Barusman juga sudah menjalani vaksinasi sampai tuntas hingga tahap 2 di Maret lalu. "Semoga bisa membantu mencegah Covid-19 dan sebagai bentuk jaga diri juga," bebernya.

Bahkan diakuinya, saat kakak kandungnya terpapar Covid-19, ia merawat kakaknya tersebut namun dengan tetap mengoptimalkan prokes. "Saya sempat ngurus kakak saya juga yang sempat terpapar Covid-19, alhamdulillah saya masih sehat-sehat aja," tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / Sulis Setia Markhamah )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved