Breaking News:

Tanggamus

Diskes Tanggamus Lampung Bakal Terima 110 Vial Vaksin Covid-19

Dinas Kesehatan Tanggamus mengaku bakal terima 110 vial stok vaksin Covid-19 yang ditujukan ke masyarakat. 

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Warga binaan Rutan Kota Agung divaksin Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dua hari 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Kesehatan Tanggamus mengaku bakal terima 110 vial stok vaksin Covid-19 yang ditujukan ke masyarakat. 

Menurut Bambang Sutejo, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Tanggamus, nantinya stok vaksin langsung didistribusikan ke 24 puskesmas. Meski tidak banyak namun akan dibagi secara merata.

"Ya mungkin tiap puskesmas tidak dapat banyaknya, habis bagaimana lagi stok yang didapat juga tidak banyak," ujar Bambang, Rabu (4/8/2021). 

Ia mengaku, stok yang sebelumnya kini sudah diberikan kepada masyarakat. Sebab sekarang sudah berlangsung vaksinasi bagi masyarakat. Dan tidak ada lagi sasaran khusus seperti petugas pelayan publik.

"Kalau ada petugas pelayanan publik yang belum divaksin silakan datang saja ke puskesmas. Sebab sekarang sudah masanya untuk vaksinasi ke masyarakat," kata Bambang.

Baca juga: Diskes Lampung Timur Sudah Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Puskesmas dan Rumah Sakit

Ia mengaku, untuk pola vaksinasi tetap, yakni dengan undangannya perwakilan. Sebab tidak bisa sekaligus masyarakat datang. Nantinya puskesmas akan memanggil perwakilan dari pekon-pekon untuk vaksinasi.

"Nanti juga puskesmas akan perhitungan stok vaksin yang dimiliki. Misalnya bisa untuk 100 orang ya itu yang dipanggil, diambil dari perwakilan pekon-pekon," kata Bambang.

Vaksinasi digelar di 24 puskesmas, waktunya setiap hari pada jam kerja. Selanjutnya berlangsung sampai stok vaksin di puskesmas tersebut habis.

Bambang mengaku, stok vaksin yang akan diterima masih merek Sinovac, sama seperti vaksin yang selama ini digunakan. 

Selain vaksin untuk masyarakat, memang dilakukan juga vaksinasi pada warga binaan di Lapas Kota Agung yang dilaksanakan oleh Puskesmas Negara Batin Kota Agung Barat. 

Dan vaksinasi bagi warga binaan di Rutan Kota Agung yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kota Agung. Semuanya dari stok vaksin daerah. Hal itu atas permintaan kedua instansi tersebut sebagai antisipasi terjadinya penularan Covid-19 di dalamnya.

Menurut Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh, warga binaan tempatnya yang divaksin sebanyak 294 orang. Pelaksanaan dilakukan dua hari pada Rabu dan Kamis (4-5/8). 

"Terselenggaranya vaksinasi ini hasil koordinasi antara Rutan Kota Agung dengan Dinas Kesehatan Tanggamus dan Puskesmas Kota Agung. Kami mengupayakan pelayanan kesehatan bagi warga binaan," terang Sobirin.

Ia mengaku, seluruh warga binaan wajib mengikuti kegiatan vaksin ini. Hal itu perlu karena kondisi over kapasitas Rutan Kota Agung. Sehingga menjadikannnya rentan terhadap penularan Covid-19 antar warga binaan.

Pada hari pertama pelaksanaan, dari 132 warga binaan yang discreening, 128 warga binaan bisa diberikan vaksin. Dan empat orang tidak bisa karena miliki penyakit penyerta dan sakit. Dan rencananya untuk dosis kedua diberikan mulai 1 September mendatang. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved