Breaking News:

Lampung Tengah

Pemkab Lampung Tengah Salurkan 6 Ribu Dosis IB ke Peternak Sapi di 10 Kecamatan

Pemkab Lampung Tengah salurkan bantuan sebanyak 6000 dosis Inseminasi Buatan (IB) sapi jenis Belgian Blue kepada peternak sapi.

Penulis: syamsiralam | Editor: Hanif Mustafa
Dok Pemkab Lampung Tengah
Bupati Musa Ahmad hadiri launching pembagian IB di Kampung Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Pemkab Lampung Tengah salurkan bantuan sebanyak 6000 dosis Inseminasi Buatan (IB) sapi jenis Belgian Blue kepada peternak di 10 kecamatan.

Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Kamis (19/8/2021).

Musa Ahmad berharap dengan adanya Belgian Blue ini bisa meningkatkan kualitas ternak sapi dengan peningkatan bobot yang bisa di atas rata-rata sapi lainnya.

"Alhamdulillah Lamteng dijadikan Pilot Projek pengembangan sapi Belgian Blue. Hari ini kami salurkan bantuan 600 dosis Insemnia Buatan tentunya akan menaikan harga sapi Belgian Blue,"  kata Musa Ahmad.

Bupati juga berharap, kepada para petugas IB di lapangan agar dalam bekerja menyalurkan IB untuk tidak meminta tarif atau mematok harga kepada peternak.

"Namun kalau para peternak sapi memberikan ala kadarnya ya, silahkan saja (menerima tarif). Yang jelas ini bantuan dari pemerintah pusat, jangan sampai disalahgunakan oleh petugas di lapangan," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Lamteng menjadi Pilot Project dalam pengembangan sapi jenis Belgian Blue melalui program “SiKomandan” ( Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri ). 

Baca juga: Pengumuman Hasil Sanggah CPNS Lampung di Lampung Tengah Ditunda 20 Agustus 2021

Pengembangan sapi Begian Blue merupakan bentuk upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan protein hewani dan mengurangi ketergantungan impor daging dengan keunggulan sapi jenis ini. 

Sementara itu dr Hewan Budi Prasetya menjelaskan, IB akan menghasilkan bibit sapi yang mempunyai kelebihan benihnya unggul, dan menghasilkan anak yang besar.

"Adapun IB Belgian Blue ini akan kita bagikan di 10 Kecamatan pada kelompok peternak sapi. Nantinya para petugas dari Dinas Peternakan akan melakukan kawin suntik jenis Belgian Blue pada pemilik ternak," jelasnya. ( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved