Breaking News:

Metro

Pengurusan BPHTB Kota Metro Lampung Dilakukan Secara Online, Tak Lagi Manual

Kota Metro akan terapkan pengurusan BPHTB secara online, pendataan tidak lagi secara manual. Rencana inin digadang cepat dan akurat di jumlah data.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Indra Simanjutak
Ketua BapemPerda DPRD Kota Metro Yulianto sampaikan pengurusan BPHTB tak lagi manual, tetapi secara online. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pengurusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Kota Metro akan menerapkan sistem online.

Ketua BapemPerda DPRD Kota Metro Yulianto mengatakan, dewan mengesahkan perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang BPHTB. Di mana ke depan, pendataan tidak lagi secara manual.

"Tapi digitalisasi atau secara online ke BPPRD. Jadi mau menggunakan jasa pun tetap dilakukan online. Pertama ini sudah zamannya atau era digital. Itu kenapa kita sepakat melakukan perubahan," bebernya, Kamis (19/08/2021).

Selain itu, perubahan juga untuk mengetahui secara cepat dan akurat berapa jumlah data pengalihan tanah dan bangunan. Karena dengan sistem online, semua pengurusan akan langsung tercatat dan terpantau.

"Nah, selain itu juga untuk kemudahan dan pemuktahiran NJOP. Penetapan NJOP itu nanti berdasarkan zona nilai tanah. Jadi nanti ada klaster-klasternya. Tentunya ini untuk kemajuan Kota Metro ke depan," tukasnya.

Ia menambahkan, setelah Perda disahkan akan dilakukan evaluasi provinsi dan disusul perwali.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Kota Metro Lampung Tambah 28 Kasus

"Ya tahun ini sudah bisa dilaksanakan. Kita dorong secepatnya supaya perwali disiapkan," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjutak ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved