Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Metro

Bekti Ayuningtiyas Mahasiswi UM Metro Raih Juara 3 Duta Generasi Berencana Putri Lampung

Mahasiswi Kamous Terbaik Lampung Universitas Muhammadiyah Metro mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe

Ist
Bekti Ayuningtyas atau akrab di sapa Bekti berhasil meraih juara 3 Duta GenRe ( Generasi Berencana) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO -Kampus Terbaik di Lampung Universitas Muhammadiyah Metro ( UM Metro ).

Sejumlah 10 mahasiswa anggota PIK R PILAR ( Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Universitas Muhammadiyah Metro mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe ( Generasi Berencana) Provinsi lampung 2021. Lampung (21-08-2021)

Ajang bergengsi yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh BKKBN provinsi Lampung mengusung konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini pemilihan duta Genre diadakan melalui dalam jaringan (daring). Sebanyak 344 peserta yang berasal dari seluruh Lampung mengikuti seleksi. Tidak kurang dari 40 finalis yang dapat melaju ke babak selanjutnya, yaitu babak karantina online. Tahap selanjutnya seluruh finalis berjuang untuk dapat masuk kedalam 10 besar.

Bekti Ayuningtyas atau akrab di sapa Bekti berhasil meraih juara 3 Duta GenRe ( Generasi Berencana) Putri Provinsi lampung 2021 dalam ajang Apresiasi Pemilihan Duta GenRe dan PIK R & BKR Unggulan Provinsi Lampung 2021 yang diadakan oleh GenRe Indonesia Provinsi Lampung, 21 Agustus 2021 kemarin. Mahasiswi program studi Bimbingan Konseling merasa Bahagia dan bangga atas prestasi yang dicapai.

“Alhamdulillah, sempat tak percaya saya bisa meraih juara 3 karena jumlah finalis yang mengikuti ajang ini sangat banyak,” ucap Bekti

Bekti juga menyampaikan bahwa ia mendapat beberapa hadiah dari BKKBN sebagai bentuk apresiasi atas juara yang diraihnya.

“Pihak BKKBN memberikan selempang, uang pembinaan, sertifikat, dan merchandise kepada para juara” ujarnya.

Sebelumnya ia juga menjadi finalis di ajang yang sama pada tahun 2020 lalu, dan menduduki posisi sebagai TOP 10. Mahasiswi ini juga aktif di salah satu UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa) yang dimiliki Univeritas Muhammadiyah Metro, yaitu PIK R PILAR ( Pusat Informasi dan Konseling Remaja) dan PILAR sendiri merupakan kependekan dari Pusat Informasi dan Layanan Advokasi Remaja. Di PIK R PILAR, Bekti diamanahi sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan.

Bekti menuturkan bahwa alasannya mengikuti kembali ajang pemilihan Duta GenRe ini semata – mata untuk berperan aktif di mimbar sosial dan menjadi role model bagi teman remaja sebayanya. Dengan diamanahinya sebagai juara 3 GenRe Putri Provinsi Lampung ini, Bekti berharap bisa membawanya untuk lebih luas menggencarkan virus- virus GenRe dan merangkul remaja- remaja di lingkungannya untuk lebih aware dengan diri sendiri dan lingkungannya terutama dalam upaya menjauhi perilaku beresiko dan kenakalan remaja, juga pentingnya merencanakan masa depan dan berupaya mengoptimalkan 5 transisi kehidupan remaja nya.

Selain terjun ke dunia GenRe ini, rupanya Bekti juga pernah menjuarai FLS2N cabang lomba cipta puisi kategori SMA tingkat Kota Metro dan mewakili Kota Metro di tingkat provinsi dalam cabang lomba yang sama dan mendapatkan juara 2. Saat ini Ia juga masih sering mengikuti perlombaan cipta puisi yang ia jumpai di Instagram dan beberapa kali memenangkan hadiahnya.

Mahasiswi kelahiran 03 Maret 2001 ini memang telah menanamkan pada dirinya untuk terus berperan aktif di lingkungan belajarnya. Dalam salah satu progam kerja yang diusungnya dalam pemilihan Duta GenRe Provinsi Lampung ini, yaitu program KOBAR ( Kolaborasi Aksi Ramah Remaja) ia mengajak komunitas dan remaja peduli sesama untuk bergerak serentak menggaungkan pentingnya perencanaan dalam pengoptimalan 5 transisi kehidupan dan Pendewasaan usia perkawinan dikalangan remaja. 21 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. Ia percaya remaja saat ini adalah tulang punggung Indonesia.

“Karena kita adalah tulang punggung Indonesia, mari menjadi generasi berencana. Remaja digdaya, Lampung Berjaya !”. seru Bekti dalam speech yang disampaikannya dalam pemilihan Duta GenRe Provinsi Lampung kemarin.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved