Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak orang yang mengeluhkan vertigo. Lalu, apa itu vertigo? dr Zam Zanariah, Sp.S, M.Kes dari RSUD Dr H Abdul Moloek akan menjelaskannya.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Kiki Novilia
Screenshot
Apa Itu Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasinya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Banyak orang yang mengeluhkan vertigo. Lalu, apa itu vertigo?

dr Zam Zanariah, Sp.S, M.Kes dari RSUD Dr H Abdul Moloek mengatakan, vertigo sebenarnya bukan penyakit, melainkan kumpulan gejala yang disebabkan suatu penyakit.

Adapun vertigo adalah gangguan keseimbangan yang terdiri dari vertigo central yakni vertigo yang terjadi cerebellum atau otak kecil dan vertigo tepi atau vertigo perifer yakni telinga bagian dalam dan penglihatan atau mata. 

Kedua vertigo tersebut ada perbedaannya. Vertigo central tidak pernah terjadi dengan hebat tapi awet. Orang yang mengalami vertigo central jalannya sempoyongan, goyang, atau tidak stabil.

Vertigo tepi biasanya bisa terjadi dengan hebat. Orang yang mengalami vertigo tepi akan merasakan pusing, kepala seperti berputar, muntah, telinga berdenging, dan keringat dingin.

Baca juga: Apa Itu Golongan Darah, Berkaitan dengan Bidang Kesehatan

"Bahkan bisa sampai pingsan karena dia merasakan tubuhnya sangat goyang. Padahal tubuh terasa seperti goyang hanya ilusi. Sebenarnya tubuhnya sama sekali tidak bergoyang," kata dr Zam dalam webinar bersama Tribun Lampung, Rabu 1 September 2021.

Penyebab vertigo central adalah gangguan otak, seperti tumor otak, radang otak, cedera otak,dan perdarahan otak. Terjadinya bisa didekat cerebellum atau di cerebellumnya.

Penyebab vertigo tepi adalah infeksi telinga, radang telinga, benign paroxysmal positional vertigo (bppv), dan gangguan pada telinga bagian dalam.

Selain itu dapat disebabkan gangguan mata atau penglihatan seperti silinder dan gangguan pada retina.

70 persen orang yang mengalami vertigo adalah vertigo tepi.

Baca juga: Apa Itu Metabolisme Tubuh

Jika mengalaminya yang harus dilakukan adalah diam, jika sedang berdiri langsung duduk, pejamkan mata, dan tenangkan diri.

Kemudian jika menggunakan baju ketat segera longgarkan, dan minum obat Jika semua sudah dilakukan tapi masih merasakan vertigo segera kerumah sakit.

Baca juga: Apa Itu Simbiosis, Hubungan Antar Organisme

"Tapi biasanya yang masuk rumah sakit lebih sering orang yang belum paham cara mengatasi vertigo. Dia panik, muntah makin hebat, lemas, dan keluar keringat dingin. Kalau sudah tahu cara mengatasi vertigo, jarang yang kerumah sakit," tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved