Breaking News:

Lampung Selatan

12.087 UMKM Terverifikasi di Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan, Dominan Kuliner

berdasarkan hasil pendataan dari tahun 2019 sampai sat ini jumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Lampung Selatan tercatat sebanyak 12.087.

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Domi
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan I Ketut Sukerta. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan, I Ketut Sukerta mengatakan berdasarkan hasil pendataan dari tahun 2019 sampai sat ini jumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Lampung Selatan tercatat sebanyak 12.087.

"Dari pendataan yang dilakukan sejak tahun 2019 lalu sebanyak 12.087 UMKM yang terdaftar di Lampung Selatan. Jenis usaha tersebut beragam mulai dari kerajinan, fashion, jasa dan kuliner. Namun yang paling dominan adalah kuliner," kata Ketut, Jumat (10/9/2021).

Ketut mengungkapkan pihaknya berencana melakukan pendataan ulang terhadap jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Lampung Selatan.

"Pendataan ulang ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pelaku UMKM yang riil di Lampung Selatan ditengah Pandemi Covid-19, apakah jumlah pelaku UMKM di Lampung Selatan bertambah atau berkurang di tengah pandemi saat ini," ungkapnya.

Ketut menyebut pihaknya belum tahu data rincinya berapa jumlah pelaku UMKM di Lampung Selatan saat ini, karena memang pandemi ini membuat beberapa pelaku UMKM harus menutup usahanya lebih cepat (bangkrut)

"Data riilnya itu dinamis, bisa bertambah bisa juga berkurang. Makanya, rencana kita untuk melakukan pendataan ulang" kata Ketut.

"Kami telah berupaya membantu para pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan membentuk Komunitas UMKM," ujarnya

"Tujuannya dari dibentuknya Komunitas UMKM itu sendiri untuk membantu para pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan produknya. Selain itu untuk membantu mereka bagaimana mengemas produk mereka supaya lebih menarik dan dapat menjadi daya tarik pembeli. Dan juga untuk membantu mereka untuk mengurus surat ijin yang diperlukan," ungkapnya.

"Semoga dengan itu program yang kita lakukan itu para pelaku UMKM dapat bergairah kembali untuk mengembangkan usaha mereka dan bangkit dimasa pandemi  ini. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved