Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Sistem Koordinat Kartesius dalam Pelajaran Matematika, Berikut Penjelasannya

Pernahkan Anda mendengar istilah sistem kordinat Kartesius?. Istilah ini ada dalam pelajaran matematika.

Editor: Dedi Sutomo
Tribunjabar.com
Ilustrasi. Apa itu Sistem koordinat Kartesius. Sistem koordinat Kartesius adalah sistem koordinat yang menetapkan setiap titik secara unik dalam bidang dengan serangkaian koordinat numerik. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pernahkan Anda mendengar istilah sistem kordinat Kartesius?. Istilah ini ada dalam pelajaran matematika.

Sistem koordinat Kartesius merupakan jarak yang bertanda titik dari dua garis berorientasi tegak lurus tetap, diukur dalam satuan panjang yang sama.

Setiap garis referensi disebut sumbu koordinat atau hanya sumbu (sumbu jamak) dari sistem, dan titik di mana mereka bertemu adalah asalnya, pada pasangan terurut (0,0).

Dilansir dari wikipedia, sebuah Sistem koordinat Kartesius (UK /kɑːˈtiːzjən/, US /kɑːrˈtiʒən/) adalah sistem koordinat yang menetapkan setiap titik secara unik dalam bidang dengan serangkaian koordinat numerik.

Koordinat juga dapat didefinisikan sebagai posisi proyeksi tegak lurus dari titik ke dua sumbu, yang dinyatakan sebagai jarak yang ditandatangani dari titik asal.

Baca juga: Apa Itu Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Pelajaran Matematika

Seseorang dapat menggunakan prinsip yang sama untuk menentukan posisi titik mana pun dalam ruang tiga dimensi dengan tiga koordinat Kartesius.

Sementara jarak yang ditandai ke tiga bidang yang saling tegak lurus (atau, ekuivalen, dengan proyeksi tegak lurus ke tiga garis yang saling tegak lurus).

Secara umum, koordinat kartesius n (elemen ruang-n nyata) menentukan titik dalam ruang Euclidean berdimensi-n untuk setiap dimensi n.

Koordinat ini sama, sampai tanda, dengan jarak dari titik ke n hyperplanes yang saling tegak lurus.

Penemuan koordinat Kartesius pada abad ke-17 oleh René Descartes (Nama Latin: Cartesius) merevolusi matematika dengan menyediakan hubungan sistematis pertama antara geometri Euclidean dan aljabar.

Baca juga: Apa Itu Antonim Dalam Bahasa Indonesia?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved