Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Metro

Universitas Muhammadiyah Metro Terima Kunjungan UM Jambi Bahas Pengelolaan Kemahasiswaan

Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi kali kedua melakukan kunjungan studi banding di Kampus Solusi Sukses Masa Depan UM Metro bertempat di Aula Gedung

ist
Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi kali kedua melakukan kunjungan studi banding di Kampus Solusi Sukses Masa Depan UM Metro bertempat di Aula Gedung Hubungan Internasional pada Selasa (21/9/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Universitas Muhammadiyah (UM Metro ) Jambi kali kedua melakukan kunjungan studi banding di Kampus Solusi Sukses Masa Depan UM Metro bertempat di Aula Gedung Hubungan Internasional pada Selasa (21/9/2021).

Namun berbeda dengan kunjungan perdananya dulu, kali ini kunjungan UM Jambi khusus membahas pengelolaan Kemahasiswaan.

Wakil Rektor III UM Jambi Drs. Arman Syafa’at, M.M. menyampaikan memiliki alasan tersendiri memilih UM Metro sebagai kampus tujuan studi banding di bidang kemahasiswan.

“Kami selaku Wakil Rektor III sengaja datang ke UM Metro untuk belajar sesuatu karena kami merasa UM Metro lebih unggul ketimbang UM Jambi. Di umur UM Jambi yang baru dua tahun, tentunya kami perlu banyak belajar dengan senior kami termasuk UM Metro. Karena untuk mengembangkan kampus ke depan perlu belajar banyak,” kata Arman.

Arman juga menerangkan pentingnya pengelolaan kegiatan kemahasiswaan. Menurutnya kehadiran Simkatmawa milik Kemdikbud-Ristek menuntut pengelolaan aktivitas kemahasiswaan yang juga harus baik.

“Kami perlu belajar terutama menyangkut pengelolaan kemahasiswaan UKM, IMM, dan BEM. Kami melihat beberapa perguruan tinggi, bahwa kemahasiswaan ini perlu diatur sedemikian rupa. Dan kami melihat UM Metro memiliki keunggulan di bidang itu sehingga kami perlu belajar banyak. Karena peringkat Simkatmawa kami di angka 400an dan ini juga mendukung akreditasi Lembaga,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UM Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. menanggapi kunjungan ini sebagai bentuk kerja sama saling memberikan dukungan antara kedua Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Setiap perguruan tinggi memiliki keunggulannya masing-masing. Kita sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus saling mendukung dan berbagi agar kita bisa tumbuh dan besar bersama. Terkait dengan kegiatan kemahasiswaan, salah satu yang dituntut dalam akreditasi di bidang kemahasiswaan yaitu berupa produk aturan disiplin,” kata Jazim.

Jazim menuturkan, para mahasiswa sejatinya membutuhkan dukungan agar dapat maju dan tumbuh kembang dalam meraih prestasi.

“Dalam memajukan kegiatan kemahasiswaan khususnya untuk meraih hibah PKM, PHP2D dan sejenisnya, kita senantiasa berikan pendampingan. Sehingga UM Metro setiap tahun selalu mendapatkan hibah tersebut meski jumlahnya selalu berubah. Dan ini juga mendukung peringkat di Simkatmawa,” tambah Jazim.

Selain itu, menurutnya UM Metro juga senantiasa mendukung program bakat minat mahasiswa di banyak bidang.

“Kami mendorong kegiatan kemahasiswaan tidak berkutat hanya yang ada di UKM semata seperti misalnya keberadaan Taekwondo dan Judo, di UM Metro sebenarnya gak ada UKM ini, namun mahasiswa yang menekuni di bidang ini kita dorong sehingga mereka bisa mengikuti lomba baik di kancah nasional mau pun internasional,” tukas Jazim.

Lebih lanjut, Jazim menegaskan kontribusi aktivitas mahasiswa memiliki pengaruh besar untuk akreditasi Perguruan Tinggi.

“Untuk meraih akreditasi Unggul atau Baik Sekali, salah satu faktornya adalah dari mahasiswa. Mahasiswa yang lulus tepat waktu, memiliki IPK tinggi, mahasiswa yang lulus yang memiliki SKPI untuk mendukung karir mereka, pun prestasi mahasiswa di berbagai perlombaan,” pungkas Jazim.

Sebagai informasi, kunjungan ini turut dihadiri Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Dekan FEB, Dekan FH, Dekan FT, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Kepala Pusat Kerja Sama dan KUI, dan perwakilan UKM sebagai perwakilan dari UM Metro. Sementara dari UM Jambi hadir Wakil Rektor III, Wakil Dekan, Kabag Kemahasiswaan, dan mahasiswa yang bernaung di IMM, UKM Tapak Suci, Menwa, dan KSPM.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved