Breaking News:

Lampung Tengah

Rumah Tanjagh Batin, Simbol Kebersamaan Masyarakat Adat di Provinsi Lampung

Rumah Tanjagh Batin di Kampung Rama Dewa, Kecamatan Seputih Raman, rumah adat masyarakat Lampung yang dilambangkan sebagai simbol kebersamaan.

Penulis: syamsiralam | Editor: soni
dokumentasi
Rumah adat Lampung Tanjagh Batin di kediaman I Made Suarjaya. 

 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGTENGAH - Rumah Tanjagh Batin di Kampung Rama Dewa, Kecamatan Seputih Raman, rumah adat masyarakat Lampung yang dilambangkan sebagai simbol kebersamaan.

Berdiri di kediaman I Made Suarjaya, rumah adat Lampung tersebut dibangun sejak 2018 dan merupakan sebagai bentuk simbol persaudaraan.

"Rumah adat Tanjagh Batin ini sebagai simbol di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Meski kami beradat budaya Bali namun kami menjunjung adat Lampung tempat kami dilahirkan dan tinggal," kata I Made Suarjaya, Sabtu (25/9/2021).

Rumah adat Tanjagh Batin menurut anggota DPRD Provinsi Lampung itu, digunakan untuk tamu kehormatan dan juga acara adat.

"Di lantai bawah tempat menerima tamu, baik tamu kehormatan dan juga tamu dari kegiatan adat. Di lantai atas untuk beristirahat dan juga menerima tamu," terangnya.

Disebutkan politisi Partai Gerindra dengan sapaan akrab IMS itu, Rumah Tanjagh Batin diberi nama oleh Sultan/Raja Edward Syah Pernong sebagai simbol persaudaraan adat Lampung.

"Beliau (Sultan Edward Syah Pernong) yang memberikan nama untuk Rumah Tanjagh Batin. Karena beliaulah menjalin persaudaraan dengan semua anak suku bangsa yang ada di Provinsi Lampung," ujarnya.

Baca juga: Penampakan Rumah Mewah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Bandar Lampung

Tak hanya itu, IMS juga mengatakan, Rumah Tanjagh Batin terbuka untuk siapa pun yang ingin beristirahat atau singgah jika sedang dalam perjalanan ke wilayah Seputih Raman.

Rumah Tanjagh Batin dibuat dengan mencampur jenis kayu jati dan mahoni, serta berciri khas Lampung, Bali dan Jawa di dalam ornamen ukirannya.( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved