Breaking News:

Kota Metro

Warga Metro Lampung Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Desember

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca ekstrem. 

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
Intisari Online/Yoyok Prima Maulana
Ilustrasi - Masyarakat Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca ekstrem

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro Rochmat Atim Mulyono mengatakan, cuaca ekstrem merupakan proses perubahan iklim yang tidak disangka dapat berubah dan diperkirakan terjadi hingga Desember mendatang.

"Jadi tiga bulan ke depan atau hingga Desember, cuaca bisa berubah ekstrem. Misal dari panas terik tiba-tiba hujan. Lalu hujan disertai angin kencang. Ini bisa berpotensi menyebabkan pepohonan tumbang. Terutama pohon yang usianya sudah puluhan tahun," imbuhnya, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: BPBD Metro Imbau Warga Antisipasi Cuaca Ekstrem

Dijelaskannya, cuaca pada akhir tahun kerap terjadi hujan. Karena itu, pihaknya meminta kelurahan dan kecamatan untuk menggerakkan kembali program gotong royong atau kerja bakti lingkungan masing-masing.

Sebagai antisipasi bencana, BPBD dibantu sekelompok aktivis yang terhimpun dalam relawan World Cleanup Day (WCD) untuk menanggulangi banjir. Selain itu juga berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Kemarin kita sudah membersihkan sampah yang berserakan di perbatasan 21 Yosodadi dengan 38 Lampung Timur. Karena menumpuk pada aliran sungai. Nah, dengan kolaborasi bersama tiga instansi (relawan WCD, relawan BPBD, petugas Dinas Lingkungan Hidup) itu dapat menanggulangi potensi bencana lebih baik," bebernya. 

Ia menambahkan, untuk peremajaan pohon, warga bisa menghubungi Dinas Permukiman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Caption Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro Rochmat Atim 
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved