Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa Itu Penyakit Gingivitis?

Gingivitis adalah radang gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ciri-ciri gingivitis adalah gusinya bengkak dan berdarah walaupun tidak disentuh.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: soni
Halo Dokter, Apa Itu Penyakit Gingivitis?
dokumentasi 
drg Aprilia Denta

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Gingivitis adalah radang gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ciri-ciri gingivitis adalah gusinya bengkak dan berdarah walaupun tidak disentuh. 

Owner Happydenta drg Aprilia Denta mengatakan, penyebab gingivitis adalah faktor hormonal karena hamil dan menopouse. Selain itu bisa juga disebabkan oleh karang gigi. 

Karang gigi muncul karena plak yang dibiarkan menumpuk hingga mengeras pada gigi dan tidak dibersihkan. Orang yang memiliki karang gigi adalah orang yang tidak rajin sikat gigi atau membersihkan giginya tidak maksimal

Baca juga: Halo Dokter, Beberapa Penyebab Gigi Sensitif

"Biasanya yang paling sering membersihkan gigi tidak maksimal adalah orang yang pasang behel di giginya. Sering saya menemukan karang gigi di orang-orang yang pasang behel karena dia tidak maksimal membersihkan giginya," kata drg Aprilia, Senin 4 Oktober 2021.

Selain karang gigi dan hormonal, gingivitis juga bisa muncul akibat sering minum obat untuk penyakit sistemik, seperti diabetes, jantung, dan hipertensi. 

Jika sudah mengalami gingivitis, harus segera diatasi gingivitisnya dengan cara mendatangi dokter gigi untuk membersihkan karang giginya. 

Selain dibersihkan karang giginya, dokter juga akan memberikan obat kumur. Khusus untuk ibu hamil dan orang yang menopouse, dokter juga akan memberikan vitamin. 

Namun untuk ibu hamil, orang yang menopouse, dan yang punya penyakit sistemik, memang tidak akan langsung hilang gingivitisnya. Tapi paling tidak gingivitisnya akan berkurang.

"Berbeda dengan orang yang tidak hamil, tidak menopouse, dan tidak memiliki penyakit sistemik, lama kelamaan gingivitisnya akan hilang dengan sendirinya," urai drg Aprilia.( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved