Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa Itu Hiperkolesterol

Tahukah anda apa itu hiperkolesterol, yakni orang-orang yang mengalami kolesterol tinggi atau disebut dengan hiperkolesterol, tidak memandang usia.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti
Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed, simak apa itu hiperkolesterol. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tahukah anda apa itu hiperkolesterol?

Kolesterol sebenarnya baik untuk tubuh, karena kolesterol dapat menjadi imun bagi tubuh.

Asalkan kolesterol tersebut tidak tinggi.

Namun ada orang-orang yang mengalami kolesterol tinggi atau disebut dengan hiperkolesterol.

Untuk diketahui, hiperkolesterol tidak memandang usia. Siapa saja bisa mengalami hiperkolesterol.

"Jadi kalau ada yang mengatakan  hiperkolesterol tidak akan dialami orang-orang yang usianya masih muda, yang dikatakannya itu salah," ujar Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Kapalan

Hiperkolesterol disebabkan kebiasaan sering makan makanan yang berlemak dan kurang bersih, jarang minum air putih, serta jarang olahraga. Seseorang diketahui mengalami hiperkolesterol melalui pemeriksaan laboratorium

Jika memang terkena hiperkolesterol, dokter akan membantu pasien untuk mengatasi hiperkolesterolnya dengan cara meminta pasien untuk melakukan diet dan mengurangi makan makanan yang bisa menyebabkan hiperkolesterol, banyak minum air putih, serta dan rajin olahraga. 

Selain itu dokter juga akan memberikan obat anti kolesterol. Fungsi dari obat ini adalah untuk melepaskan kolesterol yang menempel dipembuluh darahnya. Jika hiperkolesterol tidak diatasi, hiperkolesterol ini dapat menyumbat pembuluh darah. 

Kalau pembuluh darah tersumbat, akan menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh. Namun masalah itu tergantung dimana letak pembuluh darah yang tersumbat. 

Misalnya kalau penyumbatan pembuluh darah di jantung bisa menyebabkan jantung koroner. Kalau penyumbatan pembuluh darah terjadi dikepala bisa menyebabkan stroke.

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Radang Tenggorokan

"Kalau kita merasakan tengkuk sakit atau tangan dan kaki kesemutan, itu juga merupakan penyumbatan pembuluh darah karena hiperkolesterol," kata dr Aditya. ( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved