Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa yang Dimaksud Eksim Atopik?

Eksim atopik, atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kekurangan protein pada kulit.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: soni
tribun lampung/ Jelita Dini Kinanti
dr Desidera Husadani, Sp.DV 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Eksim atopik, atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kekurangan protein pada kulit.

dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel mengatakan, eksim atopik merupakan penyakit kulit yang dipicu oleh faktor genetik atau keturunan dari orangtua, baik ayah maupun ibunya.

"Artinya  kalau ayah atau ibunya ada eksim atopik, kemungkinan anaknya juga bisa mengalami eksim atopik," kata dr Desidera, Rabu 13 Oktober 2021. 

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Eksim dalam Masalah Kulit

Eksim atopik bisa muncul sejak masih bayi. Ciri-ciri eksim atopik pada bayi adalah adanya ruam-ruam merah pada area pipi bayi. 

"Jadi kalau pernah melihat ada bayi yang pipinya ada merah-merah. Bahkan ada yang merah-merahnya di pipi kanan dan kiri, itu namanya eksim atopik," ujar dr Desidera

Jika sudah menginjak usia anak-anak,  ruam merah itu tidak lagi muncul di area pipi, tapi muncul di area lipatan seperti lipatan lengan. 

Sedangkan kalau sudah mulai beranjak dewasa, eksim atopiknya sudah tidak lagi berupa ruam merah dan tapi sudah menjadi hitam dan kering

Namun kalau sudah akut, baik bayi, dewasa, maupun anak-anak, eksim atopiknya sudah menjadi basah, merah dan bersisik.

Selain ciri-ciri tersebut, ada juga ciri-ciri lain yang menyertai eksim atopik, yakni kulitnya menjadi kering, munculnya putih-putih pada kulit, yang sering dikira sebagai panu.

Lalu garis tangannya lebih banyak dan ruwet, dibandingkan dengan garis tangan orang yang tidak memiliki eksim atopik

Selanjutnya mata sering merah, tidak tahan dengan udara panas, pada kulit tangannya muncul keratosis pilaris yakni kulit yang menyerupai kulit ayam, dan bahkan eksim atopik bisa mempengaruhi sistem pernafasan.( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved