Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Cara Mengatasi Eksim Atopik

Eksim atopik atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kekurangan protein pada kulit. 

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Dini
dr Desidera Husadani. Halo Dokter, Cara Mengatasi Eksim Atopik 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Eksim atopik atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kekurangan protein pada kulit. 

dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel mengatakan, ciri-ciri eksim atopik adalah ruam merah yang muncul pada bayi dan anak-anak, dan jika sudah mulai beranjak dewasa eksim atopiknya sudah berupa hitam dan kering.

"Kalau eksim atopiknya sudah akut, maka eksim atopiknya menjadi basah, merah dan bersisik," kata dr Desidera, Rabu 13 Oktober 2021

Selain itu ada ciri-ciri lain yang menyertai eksim atopik, yaitu kulit kering, mata sering merah, muncul keratosis pilaris, muncul putih-putih pada kulit, dan garis tangannya lebih banyak. 

Namun selain ciri tersebut ada ciri lain yang juga muncul pada eksim atopik yakni rasa gatal. Jika ada rasa gatal yang muncul, sebaiknya jangan digaruk karena ketika digaruk, kuman dengan mudahnya bisa masuk kedalam kulit.

Baca juga: Halo Dokter, Dampak Eksim Atopik pada Kulit

"Akibatnya terjadi infeksi sekunder pada eksim atopiknya, yang menyebabkan eksim atopiknya menjadi bernanah," ujar dr Desidera.

Eksim atopik adalah penyakit kulit yang tidak bisa disembuhkan, sebab eksim atopik muncul karena faktor genetik atau keturunan, baik dari ayah maupun ibunya.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, bukan berarti eksim atopik tidak bisa dikendalikan.

Caranya yakni menjaga kebersihan kulit dengan mandi teratur, menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan banyak body lotion.

"Penggunaan body lotion tidak harus setelah mandi. Tapi setiap kali kulit terasa kering, langsung gunakan body lotion yang banyak," kata dr Desidera, Rabu 13 Oktober 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved