Breaking News:

Metro

Genangan Air di Jalan Tongkol, BPBD Metro: Terjadi Penyempitan Gorong-gorong

BPDB Kota Metro mengaku genangan air di Jalan Tongkol Yosorejo akibat hujan deras semalam dikarenakan penurunan kontur tanah dan penyempitan saluran

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
Kondisi jalan tongkol 18 Oktober 2021 malam saat Metro diguyur hujan seharian. Air dikabarkan surut dua jam setelah hujan berhenti 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Metro mengaku genangan air di Jalan Tongkol Yosorejo akibat hujan deras semalam dikarenakan penurunan kontur tanah dan penyempitan saluran gorong-gorong.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro, Rochmat Atim Mulyono mengatakan, genangan air kerap terjadi di Jalan Tongkol jika curah hujan tinggi dikarenakan adanya penyempitan saluran irigasi. 

"Kalau bangun fisik yang ada di lokasi, kita amati pertama itu kurang lancar. Itu sungai dari arah barat ke timur. Lalu terjadi penyempitan dari gorong-gorong ataupun saluran irigasi di Jalan Tongkol," ujarnya di Kantor BPBD Metro, Selasa (19/10/2021).

Selain itu, genangan air diakibatkan adanya penurunan kontur tanah dari jalan ke rumah warga sekitar 30 sentimeter.

Karenanya, jika curah hujan sangat tinggi, dapat menyebabkan penumpukan air yang melebihi batas.

Adapun langkah BPBD dengan menyiapkan alat bagi warga yang meminta bantuan.

"Dari tahun ke tahun memang itu sudah langganan banjir. Kita sudah siap peralatan perahu karet, mesin penyedot air yang masuk ke rumah," terangnya.

Ia menambahkan, Jalan Tongkol sudah pernah dibahas dengan sejumlah instansi terkait akan perlunya rehabilitasi mulai dari sisi gorong-gorong ketinggian dan lebarnya.

"Di situ lambat aliran airnya. Sehingga perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan," tuntasnya.

(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved