Breaking News:

Pemilu 2024

PKS Bandar Lampung Siapkan Politisi Perempuan Menuju Pemilu 2024

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di DPRD Kota Bandar Lampung berada di angka 22 persen.

Dok Muhammad Suhada
Ketua DPD PKS Bandar Lampung Muhammad Suhada. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - DPD PKS Bandar Lampung menyiapkan politisi perempuan untuk berkiprah di legislatif pada Pemilu 2024.

Menurut Ketua DPD PKS Bandar Lampung Muhammad Suhada, undang-undang mengamanahkan partai politik agar menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30 persen dalam kepengurusan dan pencalegan.

Itu dinilai menjadi sebuah langkah maju atas perkembangan demokrasi di Indonesia.

"Kita harap ibu-ibu anggota PKS Bandar Lampung terus menyiapkan diri agar siap mengemban tugas kemasyarakatan yang lebih besar. Salah satunya menjadi anggota legislatif," kata Suhada, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: PKS Lampung Resmi Buka Pendaftaran Balon Anggota Dewan 

"Kalau urusan memperjuangkan kepentingan masyarakat, jangan sungkan untuk berlomba-lomba dengan anggota PKS yang pria,” tambahnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di DPRD Kota Bandar Lampung berada di angka 22 persen.

Ada 11 orang anggota legislatif perempuan dari total 50 kursi di DPRD Bandar Lampung.

Walaupun masih belum target 30 persen, angka tersebut meningkat dari pemilu periode sebelumnya yang hanya 13 persen.

"Saat ini PKS Kota Bandar Lampung sedang melakukan penjaringan bakal calon anggota legislatif yang akan dimajukan pada Pemilu 2024. Proses penjaringan ini juga fokus pada keterlibatan bacaleg perempuan," jelas Suhada.

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Bandar Lampung Yenni Fitri menuturkan, pihaknya telah menggelar pelatihan dan pembekalan kepada perempuan PKS pada 24 Oktober lalu.

Pemberian pelatihan langsung dilakukan oleh DPP dan DPW dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anggota perempuan PKS Kota Bandar Lampung.

"Bidang perempuan ingin mendorong agar muncul lebih banyak anggota perempuan PKS yang piawai menjadi politisi sehingga nanti aspirasi perempuan bisa tersalurkan dengan baik di parlemen,” ujar Yenni

"Kita juga membuka lebar kesempatan bagi rekan-rekan para aktivis perempuan yang belum menjadi anggota PKS untuk ikut mendaftarkan diri menjadi bacaleg PKS. Mudah-mudahan kita bisa berjuang bersama,” tandasnya.

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved