Breaking News:

Muktamar NU

Disebut Bakal Maju di Pemilihan Ketua PBNU, Gusdurian Lampung Minta Cak Imin Pilih PKB atau PBNU

Gusdurian Lampung meminta Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memilih antara PKB atau PBNU.

Penulis: kiki adipratama | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi pribadi
Umar Robani. Disebut Bakal Maju di Pemilihan Ketua PBNU, Gusdurian Lampung Minta Cak Imin Pilih PKB atau PBNU 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Gusdurian Lampung meminta Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memilih antara PKB atau PBNU.

Itu menanggapi kabar Cak Imin yang disebut bakal maju di Pemilihan Ketua Umum PBNU pada Muktamar NU ke-34 23-25 Desember mendatang.

Ketua Gusdurian Lampung Umar Robani mengatakan, NU tidak sama dengan partai politik.

"Jika ada calon yang datang dari partai politik terlebih menjabat sebagai ketua, maka orang tersebut harus tegas menentukan sikap memilih antara keduanya," kata Umar, Selasa (2/11/2021).

"Sebab, NU dan partai politik memiliki kepentingan yang berbeda meskipun memiliki latar belakang NU," jelas Umar.

Menurutnya, rangkap jabatan ketua parpol juga dikhawatirkan akan mendegradasi fungsi dan peran NU yang memiliki cita-cita mulia menjadi ke ranah praktis seperti pengalaman masa lalu.

"Ketegasan calon juga untuk menyelamatkan NU dari bau politik praktis di tubuh NU. Sebab, NU merupakan organisasi kemasyarakatan yang berbasis agama yang tentunya memiliki visi lebih dari itu," kata Umar.

Kendati demikian, kata Umar, siapa saja memiliki hak untuk maju dalam pencalonan sebagai ketua PBNU terlebih bagi orang yang memiliki latar belakang NU yang kental.

"Pimpinan NU tentu harus benar-benar paham dan memiliki sudut pandang yang jelas sehingga NU mampu merespon realitas sosial, masyarakat, dan berhadapan dengan negara dengan tepat sesuai khittahnya," kata Umar .

(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved