Breaking News:

Kota Metro

Dissos Metro Lampung Verifikasi Penduduk Miskin Belum Terdaftar BPJS

Dinas Sosial (Dissos) Kota Metro verifikasi berkas penduduk miskin yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
Kompas.com/Pramdia Arhando
Ilustras BPJS Kesehatan. 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro verifikasi berkas penduduk miskin yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di wilayah setempat.

Kepala Dinsos Kota Metro Rachmad Zainuddin mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan peserta non data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Dengan sasaran 10.000 penduduk menjadi peserta BPJS Kesehatan. 

Baca juga: UM Metro dan Dinas Sosial Berkolaborasi dalam Program Penanganan Psikososial di Kota Metro

"Sesuai target UHC tahun ini kepesertaan BPJS Kesehatan kita bisa mencapai 85 persen. Nah, untuk mencapai 85 persen ini masih perlu menambah peserta. Sampai saat ini realisasi kita baru mencapai 8.500. Kuota yang tersisa masih ada 1.500 orang lagi. Total 10.000," tukasnya, Selasa (9/11/2021).

Ia mengaku, pihaknya menunggu kelurahan dan kecamatan yang tengah melakukan validasi data yang masuk hingga tingkat bawah. Setelah dilakukan validasi, nantinya data tersebut akan dilaporkan ke Dinas Sosial.

"Tentu kita harap, dengan validasi ini datanya benar-benar sesuai dan valid. Nah, kalau sampai target November kuota belum terpenuhi, maka kita akan memasukkan orang yang tidak mampu yang masuk data DTKS. Setelah itu proses selanjutnya oleh Dinas Kesehatan sebagai leading sektor," ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai tupoksi, pihaknya hanya verifikasi warga yang tidak mampu yang masuk data Dinsos. Adapun pendanaan atau alokasi anggaran dan lainnya, menjadi wewenang dari Dinas Kesehatan.

Diketahui, tahun 2022 DPRD Kota Metro mendorong pemerintah untuk pencapaian 95 persen UHC di wilayah setempat. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved