Breaking News:

Bandar Lampung

KPU Bandar Lampung Sinkronisasi Data Pemilih di Lapas

KPU Kota Bandar Lampug bersama Bawaslu Kota Bandar Lampung mengunjungi Lapas Kelas 1 Bandar Lampung Selasa (16/11/2021). Kunjungan tersebur diwakili

Penulis: kiki adipratama | Editor: soni
tribun lampung / kiki adipratama
KPU Bandar Lampung Sinkronisasi Data Pemilih di Lapas 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KPU Kota Bandar Lampug bersama Bawaslu Kota Bandar Lampung mengunjungi Lapas Kelas 1 Bandar Lampung Selasa (16/11/2021).

Kunjungan tersebur diwakili oleh Komisioner KPU Bandar Lampung Ika Kartika dan Robiul.

Sementara dari pihak Bawaslu di wakil oleh Yusni. 

Kedatangan KPU dan Bawaslu Kota Bandar Lampung diterima langsung oleh Kepala Lapas Kelas 1 Bandar Lampung Bapak Maizar, Bc.IP., S.Sos., M.Si.

"Tujuan utama dari kunjungan ini selain untuk silaturahmi antar lembaga sekaligus untuk meminta Data Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah dilakukan perekaman oleh Disdukcapil Kota Bandar Lampung sekitar satu bulan yang lalu," kata Komisioner KPU Bandar Lampumg Divisi Data dan Informasi Ika Kartika,  Rabu (16/11/2021).

Dari hasil perekaman yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Bandar Lampung, didapatkan sebanyak 49 WBP yang telah dilakukan perekaman. 

Kedepannya data ini akan di sinkronkan dengan data Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Kota Bandar Lampung yang saat ini proses pemutakhiran nya sedang berjalan.

Baca juga: KPU Lampung Sabet Penghargaan Tercepat Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan 2021

"Belajar dari pengalaman pemilu tahun 2019 lalu yang meninggalkan beberapa permasalahan terutama proses pendataan Warga Binaan Pemasyarakatan yang masih terbentur dengan sulitnya mekanisme serta prosedur pendaataan yang berlaku," ujar Ika.

KPU Kota Bandar Lampung berupaya semaksimal mungkin untuk lebih memvalidkan data pemilih khususnya di tempat tempat seperti Lapas yang secara kependudukan merupakan warga negara indonesia namun saat ini sedang berada di dalam Lapas dan menjalani masa hukuman.

"Tentunya Warga Binaan Pemasayrakatan ini juga memiliki hak yang sama seperti warga negara lain untuk tetap memilih, selagi hak mereka untuk memilih sebagai warga negara tidak dicabut oleh negara," ujar Ika. 

KPU Kota Bandar Lampung mengungkapkan niatan nya untuk membenahi proses pemutakhiran data pemilih kedepan nya agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan saat menjalani Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang. 

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved