Breaking News:

Lampung Barat

Peringati HKN ke-57, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Deklarasi ODF

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka gelaran peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus saat menyampaikan sambutannya pada Peringatan HKN ke-57 di UPTD Puskesmas Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat, Jumat (25/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARATBupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka gelaran peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang di pusatkan di UPTD Puskesmas Rawat Inap Fajar Bulan, Way Tenong, Jumat (26/11/2021).

Peringatan HKN kali ini mengusung tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Parosil mengatakan, peringatan HKN ke-57 sebagai momentum bagi Kabupaten Lampung Barat yang berhasil memperoleh penghargaan percepatan stop buang air besar sembarangan (SBS) tahun 2021.

Selain itu, kata dia, Lampung Barat juga memperoleh natural leader terbaik, peratin (kepala pekon) terbaik, serta sanitarian terbaik pada ajak Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) award.

Dirinya mengajak, HKN tahun ini menjadi momentum dan penyemangant untuk bangkit dari kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga: Desa Bangun Jaya dan Satpol PP Juara Lomba Tumpeng di Mesuji Lampung

"Yakni, dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di setiap kegiatan dan meningkatkan target capaian vaksinasi covid-19," ungkap Parosil.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah melalui program unggulan dibidang kesehatan yakni dilengkapi dengan ambulan hebat sebanyak 13 unit armada.

Lalu, 45 tenaga kesehatan, dan 30 orang supir yang terintegrasi dengan Public Safety Center (PSC), teridiri dari 1 sopir PSC untuk 1 ambulans PSC, serta program beasiswa mahasiwa kedokteran bagi 9 orang.

Dalam meningkatkan SDM, Lampung Barat kini telah memiliki 119 orang tenaga kesehatan.

Terdiri dari dokter 10 orang, bidan 70 orang, perawat 25 orang, dan 14 orang tenaga lainnya yang tersebar di 15 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Baca juga: UMK di Lampung, Usulan UMK Kabupaten Mesuji 2022 Sebesar Rp 2,6 Juta

Peringatan HKN ke-57 ini, juga diwarnai dengan deklarasi Lampung Barat sebagai kabupaten Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS) secara oleh Bupati Parosil.

"Hal ini sesuai dengan program nasional Universal Access dan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 guna menurunkan angka kejadian diare serta meningkatkan higienitas dan kualitas kehidupan masyarakat Lampung Barat khususnya," kata Parosil.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Barat Widyatmoko Kurniawan mengatakan, pelaksanaan Peringatan HKN ke-57 ini dilaksanakan atas dasar buku panduan HKN ke-57 Tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan RI.

Tujuan dilaksanakannya HKN ini, yakni sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku' untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan, sekaligus sebagai pengingat, edukasi, serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan.

"Dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan prokes Covid-19 dan meningkatkan target cakupan vaksinasi Covid-19," kata. ( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdhani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved