Breaking News:

Lampung Selatan

3 Puskesmas dan 2 RS di Lampung Selatan Beri Pengobatan Gratis Penderita HIV/AIDS

3 puskesmas dan 2 rumah sakit di Lampung Selatan memberikan pengobatan gratis kepada penderita HIV/AIDS. Obatnya langsung dari Dinas Kesehatan

Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus
Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan mengatakan, pengobatan seumur hidup HIV/AIDS gratis 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Sebanyak 3 puskesmas dan 2 rumah sakit di Lampung Selatan memberikan pengobatan gratis kepada penderita HIV/AIDS.

Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan mengatakan, seluruh penderita  wajib melakukan pengobatan seumur hidup.

"Bagi orang pengidap HIV harus berobat seumur hidup. Karena, minum obat belum tentu bisa sembuh. Tapi hanya menguatkan imun supaya tidak parah," kata Didik, Rabu (1/12/2021).

Didik mengatakan, terdapat 3 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit di Lampung Selatan yang dapat memberikan pengobatan kepada penderita HIV/AIDS.

"Ada 3 puskesmas dan 2 RS yang bisa memberikan pengobatan HIV/AIDS. Diantaranya Puskesmas Tanjung Bintang, Puskesmas Katibung, Puskesmas Karang Anyar, RSUD Bob Bazar dan RS Natar Medika," katanya.

Baca juga: Tewaskan Warga Lampung Timur, 6 Orang Diperiksa Kasus Penganiayaan di Lampung Selatan

"Penderita bisa melakukan pengobatan di Puskesmas. Tidak ada biaya pengobatan (gratis). obatnya langsung dari Dinas Kesehatan," katanya.

Didik menejelaskan, salah satu faktor HIV/AIDS yakni hubungan intim sesama jenis maupun berganti-ganti pasangan.

Didik mengimbau kepada masyarakat supaya dapat menghindari untuk melakukan hubungan intim yang berlebihan.

"HIV ini kan penularannya bisa melalui hubungan intim ataupun melalui transfusi darah," katanya.

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat yang rentan penularan. Sebaiknya tidak melakukan hubungan sexual yang berlebihan," ujarnya.

Baca juga: BPBD Lampung Selatan Siagakan Tim 24 Jam Antisipasi Cuaca Buruk di Pelabuhan Bakauheni

Didik mengatakan saat ini pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama kelompok-kelompok yang rentan penularan HIV/AIDS.

"Saat ini kita Mobile visiting. Artinya kita ada kegiatan pemeriksaan populasi atau lingkungan yang rentan penularan HIV," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved