Breaking News:

Mesuji

Dinas Pertanian Mesuji Lampung Akan Kembangkan Tanaman Tembakau Katsuri dan Kemloko

Tanaman tembakau jenis kasturi dan kemloko saat ini harganya terbilang tinggi mencapai Rp 90 ribu per kg.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
Ilustrasi - Petani tembakau di Lampung Selatan. Dinas Pertanian Mesuji Lampung akan kembangkan tanaman tembakau katsuri dan kemloko. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Setelah diadakan sosialisasi oleh Bea Cukai Bandar Lampung beberapa waktu lalu, petani di Kabupaten Mesuji akan memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik untuk tanaman tembakau jenis kasturi dan kemloko.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman, Rabu (1/12/2021).

"Jadi DAK tersebut melalui dana bagi hasil dari Bea Cukai Bandar Lampung sebesar 15 persen pada bulan Desember 2021 untuk tanaman tembakau jenis kasturi dan kemloko," ujarnya.

Selanjutnya, kata Pariman, tanaman tembakau jenis kasturi dan kemloko saat ini harganya terbilang tinggi mencapai Rp 90 ribu per kg.

Sehingga Pariman berharap para petani yang akan menanam tanaman tembakau tersebut dapat meningkatkan ekonomi keluarga yang lebih baik disituasi pandemi covid-19.

Meskipun, Pariman menilai kultur tanah dan iklim di Kabupaten Mesuji kurang cocok untuk ditanami tanaman tembakau.

"Oleh sebab itu, menanam tembakau untuk daerah yang berpotensi saja. Jangan untuk semua wilayah di Kabupaten Mesuji. Sebab untuk wilayah Mesuji sendiri sangat cocok ditanami, singkong, sawit, padi dan karet," jelasnya.

(Tribunlampung.co.id /Rangga Yusuf)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved