Breaking News:

RSUD Abdul Moeloek

Gubernur Arinal Djunaidi Kunjungi RSUDAM, Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan

RSUD Dr. H. Abdul Moeloek terima kunjungan kerja  Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi.

ist
RSUD Dr. H. Abdul Moeloek terima kunjungan kerja  Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - RSUD Dr. H. Abdul Moeloek terima kunjungan kerja  Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi.

Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka antisipatif terhadap Gelombang Ketiga COVID-19, pembekalan tenaga medis dalam peningkatan pelayanan kesehatan serta mengunjungi Ibu Wakil Gubernur Lampung di Gedung Rawat Inap kebidanan & penyakit kandungan (Delima), Selasa (7/12/21).

Acara dilaksanakan di Aula Lantai III Delima dan dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap dokter, perawat dan nakes lain yang telah bekerja secara profesional, dedikasi dan penuh tanggung jawab. Ditekankan beliau bahwa sakit merupakan representasi Negara yang harus hadir pada saat Masyarakat membutuhkan.

Terhadap kemungkinan lonjakan Covid-19 khususnya varian Omicron yang saat ini telah ditemukan di lebih dari 50 negara, beliau menyampaikan bahwa kunci mengendalikan Covid-19 adalah koordinasi dan komunikasi. Diharapkan manajemen mampu bersinergi dengan dokter, perawat dan nakes lainnya untuk bersama-sama lebih antisipatif akan bahaya prediksi gelombang ke-3.

Diingatkan pula agar RSUDAM waspada terhadap timbulnya Gelombang Ketiga Covid-19 dengan memperhatikan :
•Kecukupan tempat tidur dalam penanganan terhadap pasien Covid-19 yang perlu perawatan.
•Kesiapan petugas dalam bentuk lengkapnya vaksinasi dosis I, II dan booster dosis III
•Kesiapan logistik, obat-obatan, bahan habis pakai, alat pelindung diri untuk petugas dan Oksigen.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUDAM dr. H. Lukman Pura, Sp.PD.,K-GH.,MHSM menyampaikan beberapa program pelayanan prioritas RSUDAM sebagai berikut :

Pelayanan Jantung Terpadu. RSUD Dr H Abdul Moeloek merupakan salah satu dari 54 rumah sakit yang ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai Rumah Sakit Jejaring Rujukan Kardiovaskular yang telah dapat melaksanakan Simple PCI (yang lebih dikenal dengan pemasangan ring jantung).

Bekerjasama dengan RS Jantung Nasional Harapan Kita, target tahun 2023 adalah pelaksanaan Complex PCI dan Bedah jantung Terbuka Pelayanan Onkologi (Kanker) Terpadu yang merupakan kolaborasi antara pelayanan radioterapi /onkologi radiasi dan kemoterapi bagi pasien kanker.

Lebih lanjut dr. H. Lukman Pura, Sp.PD.,K-GH.,MHSM Menambahkan, Pelayanan Onkologi Radiasi merupakan satu-satunya di Provinsi Lampung.

Adapun Pelayanan Perinatologi yaitu perawatan bagi bayi berusia 0-28 hari. Saat ini Pelayanan Perinatologi RSUDAM berada pada level 3A dimana mampu merawat bayi dengan berat badan lebih dari 1000 gram.

Target ke depan adalah peningkatan ke level 3B dimana dengan peningkatan sarana prasarana, akan mempunyai kemampuan merawat bayi kurang dari 1000 gram. Selain itu, dengan diselesaikan pembangunan Gedung neurologi tahun 2021 ini, akan dibentuk Stroke Unit yang merupakan satu-satunya di Provinsi Lampung, dengan harapan pengembangan menjadi Stroke Center ke depannya.

Adanya pengembangan dan inovasi dalam pelaksanan program prioritas ini diharapkan dapat mendukung visi Gubernur Lampung di bidang kesehatan dalam mewujudkan Lampung Sehat," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved