Breaking News:

Lampung Selatan

OPD di Lampung Selatan Diminta Dukung Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

Eka meminta seluruh OPD melaporkan dan memaparkan capaian program kegiatan ataupun sub-kegiatan yang mendukung penanggulangan kemiskinan.

Dokumentasi Diskominfo Lamsel
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (kesra) Eka Riantinawati. OPD dapat mendukung percepatan penanggulangan kemiskinan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (kesra) Eka Riantinawati berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Lampung Selaatan dapat mendukung percepatan penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya keseriusan pemerintah pusat harus menjadi pedoman dan tekad bagi pemerintah daerah untuk berupaya semaksimal mungkin menanggulangi masalah kemiskinan.

"Saya minta seluruh OPD dan seluruh elemen masyarakat dapat berkolaborasi mencari solusi yang tepat dalam menangani persoalan kemiskinan ini," kata Eka, Selasa (21/12/2021).

Eka meminta seluruh OPD melaporkan dan memaparkan capaian program kegiatan ataupun sub-kegiatan yang mendukung penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan sampai dengan triwulan ke-IV tahun 2021.

"Supaya dapat kita evaluasi bersama sudah sejauh mana capaian pelaksanaan dari program penanggulangan kemiskinan ini," ujarnya.

Eka mengatakan target persentase penduduk miskin dalam RPJMD Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2021 adalah 13,5%.

"Berdasarkan data yang dirilis oleh badan pusat statistik persentase penduduk miskin Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 mencapai 14,19%. Ini mengalami kenaikan dari tahun 2020 sebesar 14,08%," katanya.

"Hal itu disebabkan karena pandemi Covid-19 yang berlangsung selama hampir dua tahun. Sehingga berdampak tidak hanya pada sektor kesehatan, namun juga berdampak terhadap ekonomi masyarakat," jelasnya.

Eka berharap tim kordinasi penanggulangan kemiskinan tersebut dapat segera menetapkan regulasi dalam rangka penanggulangan kemiskinan ekstrem dan lokasi wilayah prioritas agar lebih mudah dilakukan evaluasi secara berkala.

"Dengan kerja sama yang solid dan bergotong royong. Insyaallah kita mampu menekan dan menanggulangi masalah kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved