Bandar Lampung

Rektor UML Dr Mardiana Ingin Bawa Lulusan Langsung Jadi Pengusaha Berlandaskan Nilai Islam

Kepemimpinan Universitas Muhammadiyah Lampung baru saja berganti. Hingga tahun 2026 nanti, posisi rektor dipegang Dr Mardiana M.Pd.I.

Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Dr Mardiana M.Pd.I. 

Tribunlampung.co.id, Tribun - Kepemimpinan Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) baru saja berganti. Hingga tahun 2026 nanti, posisi rektor diduduki oleh Dr Mardiana M.Pd.I.

Saat universitas itu berada di bawah wewenangnya, banyak peluang dan tantangan yang akan dihadapinya.

Bagaimana langkah yang akan dilalui kampus tersebut agar tetap bersaing sebagai fasilitas pendidikan tinggi dan sebagai kampus dengan latar keagamaan itu, berikut petikan wawancara dengan Dr Mardiana.

1. Sebagai rektor yang baru dilantik dan akan memimpin UML selama 4 tahun ke depan, apa program prioritas yang akan anda hadirkan?

Jawab

UML adalah salah satu dari 172 perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di seluruh Indonesia, jadi program yang harus dipertahankan adalah menghadirkan pendidikan dalam jenjang pendidikan tinggi berbasis nilai-nilai Islam.

Secara kelembagaan, program kerja yang akan dikembangkan itu adalah program berorientasi pada pengembangan kampus, terinci dari SDM dan mekanisme pembelajaran seirama dengan tri darma perguruan tinggi, termasuk infrastruktur.

Hal itu untuk sesuai dengan tagline kampus UML yakni enterpreneur campus, kampusnya pengusaha.

Sehingga keluaran dari UML adalah bagaimana mahasiswa bisa langsung turun sebagai pengusaha yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

2. Saat ini bagaimana dinamika kampus itu sendiri dalam mendukung visi Anda?

Saat ini kan era revolusi industri 4.0 dan milenial punya sumbu dalam ekosistem masyarakat umum.

Jadi kita mengkolaborasi itu, sehingga dinamika kampus di UML saat ini sudah tidak hanya terorintasi pada pendidikan, tapi terdapat pula ilmu untuk menaikkan mental berenterpreneur dengan ikut memanfaatkan sumber daya kampus yang ada.

Tagline enterpreneur campus, sudah sangat mendukung. Kita punya unit-unit usaha yang bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium mahasiswa. Seperti bisnis senter, aula komunikasi pemasaran, dan jasa mitra yang terbuka untuk produk hasil kreatifitas mahasiswa dalam bentuk UMKM.

3. Lalu bagaimana dengan pendidikan kampusnya sendiri?

Bagaimana kelanjutan wawancara, simak di harian pagi Tribun Lampung edisi Jumat (8/4/2022).

 

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved