Bandar Lampung

Pemprov Lampung Pasok Hampir 1 Ton Cabai, Harga Operasi Pasar Rp 70 Ribu

Pemprov Lampung menyediakan cabai lebih murah dari harga pasaran dalam operasi pasar di 3 pasar wilayah Kota Bandar Lampung.

Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Pemprov Lampung menggelar operasi pasar cabai di tiga pasar wilayah Kota Bandar Lampung. Harga cabai yang dijual dalam kegiatan itu Rp 70 ribu per Kg, lebih murah dari harga pasaran. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Mahalnya harga cabai membuat Pemprov Lampung bereaksi dengan mengupayakan cabai murah di tiga pasar Bandar Lampung.

Pemprov Lampung menghadirkan cabai murah dengan menggelar program operasi pasar cabai di tiga lokasi wilayah Kota Bandar Lampung.

Tidak hanya cabai, Pemprov Lampung juga menyediakan bawang merah lebih murah dari pasaran, dalam operasi pasar di Bandar Lampung.

Tiga loksi yang menjadi tempat digelarnya operasi pasar cabai dan bawang oleh Pemprov Lampung adalah, Pasar Tugu, Pasar Kangkung dan Pasar Pasir Gintung.

Operasi pasar cabai dan bawang ini, sesuai agenda selama kurun waktu 22-25 Juni 2022.

Baca juga: Harga Cabai di Bandar Lampung Tembus Rp 100 Ribu per Kg, Pemkot Anggap Wajar

Baca juga: Dinas Koperindag Pringsewu Sebut Harga Cabai yang Meroket Saat Ini Akibat Terbentur Masa Tanam

Jumlah cabai yang disediakan oleh Pemrov Lampung sebanyak 900 kilo gram.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Kusnardi berharap, dengan mengguyur cabai dengan jumlah hampir 1 ton dalam operasi pasar, dapat membuat harga cabai di pasaran jadi setabil.

Kusnardi mengakui bila beberapa waktu terakhir masyarakat Lampung dibuat repot dengan mahalnya harga cabai.

Meskipun, menurut dia, mahalnya hagra cabai tidak hanya terjadi di Lampung. Kenaikan harga cabai  juga terjadi di semua provinsi di Indonesia. 

Paling tinggi di Bangka Belitung  Rp 170 ribu per Kg, Kalimantan Timur Rp 130 ribuan dan termasuk Lampung berkisar  Rp 100 ribu.

Kusnadi mengungkapkan, harga cabai yang dijual dalam operasi pasar sebesar Rp 70 ribu per Kg. Sehingga lebih murah dengan hara pasar, yang dijual dnegan  kisaran harga Rp 80 ribu- Rp 90 ribu per Kg. 

"Kondisi cabai (operasi pasar) tersebut masih segar dan memang baru dipetik dari Petani Palas Lampung Selatan," kata Kusnardi, saat ditemui Tribun Lampung di Pasar Tugu Bandar Lampung, Rabu (22/6/2022).

Sementara itu bawang merah, dijual Rp 50 ribu dalam operasi pasar. Lebih murah dari harga di pasar Rp 60 ribu.

Kepala Disperindag Lampung Elvira Umihanni membenarkan bila cabai yang akan disediakan dalam operasi pasar sebanyak 900 kg. Selama kurun dari 22-25 Juni 2022. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved