Lampung Tengah

Dinas Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan Lamteng Gencar Beri Vaksin dan Vitamin Cegah PMK

Dinas Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan Kabupaten Lampung Tengah gencar memberikan vaksin dan vitamin pada hewan.

Penulis: syamsiralam | Editor: muhammadazhim
tribunlampung.co.id/syamsir alam
Satgas PMK Polsek Rumbia cek kondisi ternak warga langsung ke lokasi peternakan. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Tengah - Dinas Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan Kabupaten Lampung Tengah gencar memberikan vaksin dan vitamin pada hewan di seluruh wilayah setempat untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Kepala Dinas Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan Taruna Bifi Koprawi mengatakan, pemberian vaksinasi dan vitamin kepada seluruh hewan ternak di kabupaten itu sebagai langkah utama pencegahan PMK.

Menurut Taruna, sebagai wilayah dengan jumlah hewan ternak tertinggi di Provinsi Lampung, sangat penting untuk pencegahan PMK yang mulai merebak di sejumlah kawasan di Provinsi Lampung.

"Satgas PMK yang sudah dibentuk terus bergerak di lapangan dalam memberikan penyuluhan dan pemberian vitamin serta vaksinasi pada seluruh hewan ternak, baik personal atau kelompok," kata Taruna Bifi Koprawi, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Viral Polisi Tilang Pemotor di Dealer, Pemilik Akui Kesalahan Berujung Minta Maaf

Taruna menjelaskan, adapun gejala ringan dan ciri-ciri hewan ternak terkena PMK yakni seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tak nafsu makan, dan keluar air liur lebih dari biasanya.

Sementara hewan yang terkena PMK dengan gejala berat, seperti lepuh pada kuku sampai lepas, kaki pincang, tidak bisa berjalan dan hewan sangat kurus.

"Apabila ada gejala pada hewan ternaknya yang mengarah pada penyakit tersebut agar segera melapor ke perangkat kampung ataupun petugas di lapangan untuk penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Sebagai bagian dari Satgas PMK Lamteng, Polres Lamteng melalui Polsek jajaran juga turut memantau langsung kandang dan perternak, seperti yang dilakukan di Kecamatan Rumbia.

Baca juga: 2.951 Mahasiswa Baru Itera Diterima Lewat Jalur SBMPTN

"Perintah langsung Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, kepada Kapolsek jajaran dan para Kasatfung untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK), serta berkordinasi dengan Dinas Peternakan, Perkebunan & Perikanan guna mencegah wabah PMK pada hewan ternak di wilayah hukum Polres Lampung Tengah," kata Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal.

Sampai saat ini berdasarkan laporan tim di lapangan kata Kapolsek, belum ditemukan adanya hewan ternak warga yang terkena gejala PMK di lapangan, dan pihaknya terus mengingatkan akan pentingnya kebersihan kandang.

(tribunlampung.co.id/syamsir alam)

 

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved