Bandar Lampung

Gaji ke-13 Bandar Lampung Cair Juli, ASN Berharap Tidak Molor dari Jadwal

Pentingnya gaji ke-13 ini, menurut ASN di Bandar Lampung menimbang kondisi kebutuhan ekonomi yang terus meningkat selain menghadapi ajaran baru. 

kompas.com
Ilustrasi. ASN di Bandar Lampung berharap pencairan gaji ke-13 tidak molor dari jadwal. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandar Lampung sangat mengharapkan segera pencairan gaji ke-13.

Pengakuan salah satu ASN di jajaran Pemkot Bandar Lampung inisial A, bahwa gaji ke-13 memang sangat dibutuhkan.

Pentingnya gaji ke-13 ini, menurut ASN Bandar Lampung tersebut, karena kondisi kebutuhan ekonomi yang terus meningkat. 

Bukan hanya untuk persiapan pendidikan pada tahun ajaran baru 2022-2023, menurut dia, gaji ke-13 ini juga sangat membantu kehidupan dapur para ASN.

"Segera cair sih kalau bisa, kan sudah akan masuk tahun ajaran baru juga nih di Bandar Lampung untuk anak sekolah. Belum lagi kalau lihat urusan dapur, kan lagi mahal semua seperti cabai, bawang," kata A, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: MKKS SMAN Se-Lampung Siap Melaksanakan PPDB 27-30 Juni 2022

Baca juga: Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Tegas, Pecat PNS Malas Kerja

Harapan serupa juga disampaikan ASN berinisial M, yang bertugas di instansi sama dengan A.

Ia berharap pencairan gaji ke-13 di Bandar Lampung tidak terlambat atau molor dari jadwal.

Molornya pencairan gaji ke-13 dari jadwal itu, sempat dialami pada tahun sebelumnya.  Saat pandemi Covid-19 sedang terjadi.

Diketahui Pemerintah Kota Bandar Lampung menekankan pencairan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) akan dilangsungkan pada Juli mendatang.

Nominal gaji ke-13 kemudian juga akan disisipkan ke dalamnya tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen untuk ASN aktif yang memiliki tunjangan kinerja.

Plt Kepala BPKAD Bandar Lampung, M Nur Ramdhan mengatakan proses pencairan gaji ke-13 tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara.

"Yang artinya, pencairan gaji ke-13 akan dimulai paling cepat pada 1 Juli nanti," kata dia, Sabtu (25/6/2022).

Kata dia, penganggaran sebesar Rp 43 miliar diperkirakan akan digunakan untuk gaji ke-13 tersebut.

Lebih lanjut kata Ramdhan, THR dan gaji ke-13 diberikan setelah mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan kemampuan fiskal negara seiring dengan fokus pemerintah menangani pandemi Covid-19.

Pemberian ini juga memperhatikan tertib administrasi dan menjaga akuntabilitas, dilaksanakan secara profesional, bersih dari korupsi, tidak ada konflik kepentingan, menerapkan prinsip kehati-hatian.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana berharap, pemberian gaji ke-13 yang juga didalamnya terselip tunjangan kinerja 50 persen akan membawa ASN Pemkot Bandar Lampung semakin semangat dalam memberikan pelayanan.

(Tribunlampung.co.id / V Soma Ferrer)

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved