Otomotif

Penjualan Meningkat, IAMI Dirikan Depo Suku Cadang di Makassar

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meresmikan empat pusat suku cadang yang berlokasi di Makassar, Rabu (17/8).

Editor: soni
KOMPAS.com/Serafina Ophelia
Peresmian Parts Depo Isuzu di GIIAS 2022 

Tribunlampung.co.id, Tangerang - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meresmikan empat pusat suku cadang yang berlokasi di Makassar, Rabu (17/8).

Aftersales Business, Inventory & Logistic Division Head PT IAMI Budhi Prasetyo mengatakan bahwa seiring dengan meningkatnya penjualan, kebutuhan akan suku cadang juga turut meningkat. Sementara kebutuhan datang dari berbagai wilayah dan jenis industri.

"Khusus untuk Indonesia bagian Timur, merupakan satu area yang menjadi fokus kita saat ini. Karena tercatat di data 2021, area Indonesia bagian Timur menduduki salah satu posisi vital secara nasional dilihat dari jumlah penjualan unit. Dan khusus untuk Indonesia bagian Timur, kita tahu semua bahwa jaraknya dari Jakarta atau dari Pusat itu cukup jauh," ucap Budhi di ICE BSD, Rabu (17/8/2022).

Untuk itu, Isuzu mendirikan depo suku cadang untuk membantu konsumen yang berada di area Indonesia bagian Timur.

"Berada di titik strategis, yaitu di Kota Makassar. Kami yakin, bahwa nantinya konsumen Isuzu akan menunggu dengan lebih cepat, aspek kecepatan pengiriman spare part pun kami persiapkan dengan baik, di mana Isuzu bekerjasama dengan PT JNE," lanjut dia.

Sementara itu, Inventory & Supply Operation Dept. Head PT IAMI Iboy Ferdian memaparkan, jika part center merupakan tempat penyimpanan suku cadang skala nasional, sedangkan part depo merupakan perpanjangan tangan dari part center.

Baca juga: GridOto Award 2021 Beri 79 Penghargaan bagi Industri Otomotif Mobil dan Motor

Baca juga: Info Modifikasi Mobil, Modifikasi Mobil Klasik Jadi Tren Baru Penggemar Otomotif di Bandar Lampung

"Dari sisi size-nya, dari sisi item yang diletakkan di sana, disesuaikan dengan permintaan target area," ucap Iboy, Rabu. Dengan adanya Parts Depo tersebut, waktu tunggu konsumen dalam menerima suku cadang akan menjadi lebih cepat.

"Untuk waktu tunggu pengiriman dari pusat itu, bisa satu sampai dua minggu. Bahkan daerah Papua mungkin tiga minggu. Dengan adanya part depo di Makassar ini, Indonesia bagian Timur itu pusat perekonomian paling tinggi. Jadi, pengiriman di Makassar itu atas permintaan dari kustomer dapat dilakukan dalam hari yang sama," ucap Iboy, melanjutkan.

Di tahapan operasional, ia berharap ini dapat membuat transaksi menjadi lebih optimal serta memberi manfaat agi para konsumen.

"Dengan adanya parts depo, waktu kirim menjadi lebih singkat dan diharapkan ketersediaan spare part di bagian Timur lebih meningkat," ucapnya.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved