Berita Lampung

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Lampung Utara Miliki Program Posyandu Lansia

Kabupaten Lampung Utara miliki pelayanan posyandu lansia. Pelayanan ada di Kecamatan Kotabumi Selatan, dan diperuntukan untuk pelayanan kesehatan

Penulis: anung bayuardi | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampaung.co.id/Anung Bayuardi
Asisten I Setda Lampung Utara Mankodri meresmikan posyandu lansia 'MUTIARA' di Kelurahan Kota Alam, Kotabumi Selatan, Minggu (25/9/2022). 

Tribunlampung.co.id, Lampung Utara - Kabupaten Lampung Utara kini memiliki posyandu lansia (pos pelayanan terpadu khusus warga lanjut usia). Posyandu  lansia tersebut berada di Kelurahan Kota Alam, Kotabumi Selatan.

Posyandu lansia 'MUTIARA' itu diresmikan oleh Asisten I Setda Kabupaten Lampung Utara Mankodri, Minggu (25/9/2022).

Mangkodri mengatakan, pemenuhan pelayanan kesehatan pada masyarakat menjadi perhatian pemerintah daerah.

Termasuk memberikan pelayanan pada warga usia lanjut melalui hadirnya posyandu lansia. Keberadaan posyandu lansia ini ada di setiap desa dan kelurahan.

"Harapannya, adanya posyandu lansia ini akan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah diakses oleh warga lanjut usia," kata dia.

Baca juga: Jasad Wanita yang Ditemukan di Pantai Kalianda Lampung Selatan Alami Sejumlah Luka

Baca juga: Curi 4 Tiang Reklame di Lampung Timur, 2 Pelaku Asal Lampung Selatan Diamankan Polisi

Sementara, Camat Kotabumi Selatan Dedi Nurman sangat mengapresiasi langkah kelurahan Kota Alam yang membentu posyandu lansia.

Dikatakannya, isu tentang balita, lansia, dan penyandang disabilitas merupakan fokus kerja Kecamatan Kotabumi Selatan, selain masalah infrastruktur.

"Saya intruksikan kepada seluruh kelurahan yang ada di kecamatan Kotabumi Selatan dalam pemusatan kegiatan mengenai tiga isu kesehatan (balita, lansia, dan penyandang disabilitas)," ujar Dedi.

Dirinya mengungkapkan, keberadaan posyandu lansia tersebut sudah lama. Kegiatan posyandu lansia tersebut didukung pihak desa.

Pihaknya berharap kedepannya seluruh kegiatan Upaya Kesehatan Bersumber daya Manusia (UKBM) dapat berjalan maksimal, mulai dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan.

Sementara Lurah Kota Alam Fellix Sulandana mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan proses pendataan lansia.

Pendataan tersebut, lanjutnya, untuk mengetahui kondisi dari lansia yang ada di Kelurahan Kota Alam.

Baca juga: Preman Penuh Tatto Lakukan Pornoaksi di Sebuah Sekolah di Lampung Utara

Baca juga: Satnarkoba Polres Lampung Utara Akhirnya Tangkap Bandar Sabu Blambangan Pagar

"Kita sudah menginstruksikan ke RT untuk melakukan pendataan lansia, termasuk tentang penyakit yang diderita oleh lansia tersebut," terang Fellix.

Sedangkan Kepala UPTD Puskesmas Kotabumi II Wahyu Utami mengatakan, pihaknya meminta kepada kelurahan dan desa untuk menyiapkan kader posyandu lansia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved