Berita Lampung

Pemkot Metro Lampung Gandeng Pemprov DKI Pasarkan Produk UMKM di Jakarta

Pemerintah Kota Metro mendukung produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa bersaing dan dijual di toko ritel modern

Penulis: Muhammad Humam Ghiffary | Editor: soni
Tribunlampung.co.id/Muhammad Humam Ghiffary
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Metro, Siti Aisyah Djohan. 

 Tribunlampung.co.id, Metro - Pemerintah Kota Metro mendukung produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa bersaing dan dijual di toko ritel modern yang ada di Kota Metro.

Bentuk komitmen Pemkot Metro tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah agar produk usaha UMKM lokal Metro dapat dipasarkan kepada masyarakat agar bisa lebih dikenal dan dinikmati oleh semua masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Metro, Siti Aisyah kepada Tribun Lampung, Minggu (16/10/2022)

"Ini bentuk dukungan Pemkot melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian agar produk-produk UMKM lokal ini bisa dipasarkan di toko ritel modern," ungkapnya.

Dia mengatakan pihaknya terus mendorong agar produk-produk lokal UMKM tersebut bisa dipasarkan dan juga bersaing dengan produk lain yang dijual di toko-toko ritel modern yang ada di Kota Metro.

"Jadi kami menggandeng pihak-pihak UMKM itu agar produknya bisa dipasarkan di toko ritel modern, jadi harus ditingkatkan juga kualitas produknya agar bisa bersaing," ujarnya

Dukungan tersebut merupakan tindakan yang diinisiasi oleh Pemkot Metro agar UMKM yang ada di Metro ini dapat naik kelas dan produknya lebih berkualitas.

"Jadi ini diinisiasikan oleh Ibu Walikota agar produk-produk lokal kita ini lebih berkualitas dan pemasarannya bisa di toko-toko ritel modern itu," bebernya.

Akan tetapi, untuk bisa dipasarkan di toko ritel modern tersebut dia mengatakan bukan hal yang mudah.

Baca juga: 1.800 Pelaku UMKM di Metro Akan Terima Bantuan Penguatan Modal Sebesar Rp 500 Ribu

Baca juga: Telkomsel Dukung Perhelatan Pahlawan Digital UMKM 2022

"Untuk bisa memasarkan produk di toko ritel modern itu bukan hal yang gampang, jadi harus memenuhi standar toko ritel modern itu, bukan standar dinas," kata dia.

Dia mengatakan terdapat kriteria-kriteria yang harus dipenuhi produk UMKM lokal agar bisa dipasarkan di toko ritel modern.

Yaitu seperti memiliki izin produk yang lengkap, memiliki NIB, kemasan yang menarik, dan cita rasa produk yang bersaing.

"Kemudian itu dia mampu harus diproduksi secara keberlanjutan, jadi tidak hanya satu kali produksi," paparnya.

Untuk saat ini, dia mengatakan produk-produk lokal UMKM Metro sudah masuk ke beberapa toko ritel modern yang ada di Metro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved