Berita Lampung

Volume Kendaraan di Tol Lampung Diprediksi Naik Saat Nataru

PT Hutama Karya, pengelola Jalan Tol Trans Sumatera memproyeksikan adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan selama periode Nataru.

tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). PT Hutama Karya, selaku pengelola JTTS memproyeksikan adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan selama periode libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - PT Hutama Karya, selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) memproyeksikan adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan selama periode libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dari arah Sumatera Selatan menuju Lampung dan sebaliknya, PT Hutama Karya memprediksi kenaikan volume lalu lintas harian mencapai angka 25 persen.

Branch Manager PT Hutama Karya ruas Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono menerangkan, dalam dalam kondisi normal volume lalu lintas harian ialah sebanyak sembilan ribu kendaraan.

Dengan dominasi kendaraan adalah angkutan logistik.

"Volume lalu lintas harian di jalan tol saat Nataru 2022/2023 di ruas Terpeka, diprediksikan naik 20 persen persen," kata Yoni Satyo Wisnuwardhono saat diwawancara di rest area KM 215 B Jalan Tol Trans Sumatera, Sabtu (26/11/2022).

"Dengan kenaikan maksimal hingga 25 persen," kata dia.

Menurutnya kenaikan volume lalu lintas dalam angka maksimal dimungkinkan terjadi pada puncak arus mudik dan arus balik Batal 2022 dan Tahun Baru 2023 nanti.

Dengan dominasi kenaikan volume lalu lintas ada di kendaraan angkutan penumpang dan mobil-mobil keluarga.

"Kenaikan itu diprediksikan akibat dari masuknya kendaraan dari Pulau Sumatera untuk menuju ke Jawa dan sebaliknya," jelas dia.

Sementara secara menyeluruh, PT Hutama Karya memprediksi trafik di ruas JTTS yang dikelola Hutama Karya pada periode Nataru 2022/2023 mengalami pertumbuhan hingga 12,88 persen.

Pertumbuhan itu dihitung dengan perbandingan pada lalu lintas Nataru 2021/2022.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan 8 ruas di JTTS dengan panjang total 547 km untuk memperlancar lalu lintas kendaraan selama periode tersebut.

Jumlah itu terdiri atas ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Palembang–Indralaya, Pekanbaru–Dumai, Pekanbaru–Bangkinang, Medan–Binjai, Binjai–Stabat dan Sigli–Banda Aceh.

Selain itu, Tjahjo Purnomo juga menyebut pihaknya terus menghadirkan perbaikan-perbaikan jalan di ruas JTTS guna menyambut perpindahan manusia di periode Nataru 2022/2023.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved