Pemilu 2024

KPU Bandar Lampung Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat di Pemilu 2024

KPU Kota Bandar Lampung menggelar sosialisasi Peraturan KPU tentang partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada 2024.

Penulis: Riyo Pratama | Editor: Yoso Muliawan
Tribunlampung.co.id/Riyo Pratama
Sosialisasi Peraturan KPU - KPU Kota Bandar Lampung menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada 2024, di Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Kamis (8/12/2022). 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung KPU Bandar Lampung menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 meningkat dari pemilu sebelumnya.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Dedy Triadi menyampaikan hal tersebut dalam acara Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada 2024, di Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Lampung, Kamis (8/12/2022).

"Kami berharap tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu dan Pilkada 2024 nanti semakin tinggi dari pemilu dan pilkada sebelumnya. Termasuk kualitas dari partisipasi pemilih itu juga bisa meningkat," kata Dedy Triadi.

Dedy Triadi menjadi satu dari tiga narasumber, dalam acara Sosialisasi PKPU tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada 2024, tersebut.

Dua narasumber lain adalah akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Dr Heru Juabidin Sada dan praktisi media dari Tribun Lampung Yoso Muliawan.

Acara sosialisasi ini dipandu oleh moderator jurnalis senior Adian Saputra.

Terkait langkah KPU Bandar Lampung untuk mewujudkan tingginya partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, Dedy Triadi menyatakan pihaknya terus menggencarkan sosialisasi.

Dedy Triadi mengungkapkan sosialisasi mengenai Pemilu 2024 sebetulnya sedikit terlambat.

Hal itu, jelas Dedy Triadi, karena padatnya tahapan pemilu.

"PKPU Nomor 9 Tahun 2022 juga baru keluar, ditambah perekrutan badan adhoc juga masih dalam proses," ujarnya.

Dedy Triadi menjelaskan, sosialisasi kepada masyarakat tentang Pemilu dan Pilkada 2024 merupakan pekerjaan KPU dari awal tahapan sampai hari H pemungutan suara.

"Pertama, kami mengajak masyarakat untuk memastikan dirinya benar-benar terdaftar sebagai pemilih,” kata Dedy Triadi.

“Kedua, KPU membuka ruang apabila masyarakat ingin menjadi penyelenggara maupun menjadi pemantau pemilu,” imbuhnya.

KPU Bandar Lampung menginginkan masyarakat tidak hanya menjadi objek dari agenda pemilu, tetapi juga menjadi subjek dari pemilu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved